Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Wabah Virus Wuhan: Berasal Dari Kalong, Menular Cepat Bikin China Kelimpungan

2 min read

virus wuhan yang mewabah di china dan sejumlah negara asia lainnya ternyata memiliki moyang vektor sama dengan serangan sars, yakni kelelawar buah alias kalong alias codot/foto via mitrapost.com

Wabah Virus Wuhan: Berasal Dari Kalong, Menular Cepat Bikin China Kelimpungan

angkaberita.id – Pemerintah China melalui Komisi Kesehatan Nasional mengonfirmasi telah 9 orang meninggal dan 440 lainnya terinfeksi serangan virus mematikan, Coronavirus di sekujur negeri.

Seluruh korban meninggal berasal dari Provinsi Hubei, dengan Kota Wuhan menjadi lokasi kali pertama virus wabah infeksin mematikan itu ditemukan.

Lin Bin, Deputi Direktur Komisi Kesehatan Nasional China memastikan virus itu bisa menular antar manusia. Virus, dengan gejala seperti serangan radang paru-paru, itu juga telah menyebar ke Taiwan.

Selain itu, wabah juga telah menyebar ke Amerika Serikat, dan sejumlah negara Asia lainnya, dan menular melalui kontak dengan orang yang barusan berpergian dari Wuhan.

Lin menambahkan, pihaknya menginstruksikan seluruh instansi kesehatan mengkarantina seluruh pasien dan siapapun yang terkena kontak dengan orang yang barusa berpergian dari Wuhan. “Sebagai antisipasi penularan,” kata Lin, seperti dilansir South China Morning Post, Rabu (22/1/2020).

Sehari sebelumnya, Komisi Nasional Kesehatan China telah memasukkan serangan virus Corona sebagai infeksi kelas B, sehingga perlu perlu penanganan lazimnya serangan infeksi kelas A, demi membendung wabahnya.

Dengan peningkatan status itu, Lin mengatakan setiap serangan infeksi pada setiap orang di sekujur negeri harus dilaporkan dalam waktu dua jam setelah terjangkit, sehingga dapat dipantau kondisi pasiennya.

Terpisah, kalangan ilmuwan di China mengungkapkan, serangan virus Corona di China beberapa hari terakhir, disebut memiliki kesamaan vektor virus dengan wabah SARS sebelumnya.

Namun, dalam laporan kajian terbaru, para ilmuwa menyebut rantai virusnya lebih lemah dibanding wabah SARS pada tahun 2002-2003, meskipun tetap kategori infeksi berbahaya.

Disebut virus baru itu memiliki kesamaan moyang dengan vektor virus SARS, yakni HKU9-1, yang ditemukan di dalam kelelawar pemakan buah alias kalong. Terungkapnya vektor virus itu dikonfirmasi Dirjen Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, Gao Fu.

Menurut Gao, serangan virus beberapa hari terakhir telah menjangkiti lebih 400 orang di sekujur negeri, dan mengakibatkan sembilan orang meninggal.

Virus itu, lanjut Gao, berasal dari kalong atau codot yang dijual di pujasera di Wuhan. Gao memperingatkan ancaman virus itu, yang bisa beradaptasi dan menular ke manusia. (*)

Bagikan