Wed. Jul 24th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pernah Hendak Dibunuh, Sanna Marin Perdana Menteri Termuda Dunia

1 min read

sanna marin bakal menjadi perdana menteri termuda di finlandia/foto TWITTER @MARINSANNA via katadata.co.id

Pernah Hendak Dibunuh, Sanna Marin Perdana Menteri Termuda Dunia

angkaberita.id – Finlandia memiliki perdana menteri baru, bahkan termuda di dunia. Sanna Marin, politisi Partai Sosial Demokrat bakal dilantik menjadi Perdana Menteri Finlandia, Selasa (17/12/2019).

Usianya kini baru 34 tahun. Dia akan bergabung dalam deretan perdana menteri termuda di dunia lainnya, seperti Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk (35) dan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Arden (39).

Sanna Marin sebelumnya Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia sejak 6 Juni 2019. Sana menggatikkan sejawatanya, Perdana Menteri Antti Rinne setelah mengundurkan diri, Selasa silam.

Lahir di Helsinki, 16 November 1985, magister administrasi sains dari Universitas Tampere, itu terjun ke politik di usia 27 tahun. Praktis hitungan 7 tahun, karirnya langsung melesat ke puncak.

Meski demikian, perjalanan karirnya juga penuh dengan tantangan. Bahkan, dirinya pernah diancan hendak dibunuh usai gebrakannya sebagai Menteri Transportasi dan Komunikasi, dengan kebijakan transportasi massal kereta api.

Seperti ditulis Katadata, laporan media setempat Helsinki Times, Marin hendak dibunuh lantaran menunda pelaksaan undang-undang mengenai mobil berbobot ringan. Kasus ini sudah ditangani Biro Intelijen Finlandia dan kepolisian Helsinki.

Selain itu, dia juga mengusulkan empat hari kerja di sana. Ia menilai, hari kerja lebih pendek justru akan meningkatkan produktivitas pekerja. “Bekerja empat hari dalam seminggu, enam jam sehari. Saya percaya masyarakat berhak meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarganya, orang-orang yang dicintai, hobi, dan aspek-aspek lain dari kehidupan, seperti budaya,” katanya. (*)

Bagikan