Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Orang Terkaya Indonesia 2019 Versi Forbes, Pemilik Rumah Sakit Ini Bikin Kejutan

3 min read

hartono bersaudara pemilik bank bca dan djarum kudus selama 11 tahun berturut-turut menjadi orang terkaya di tanah air versi forbes/foto via detik.com

Orang Terkaya Indonesia 2019 Versi Forbes, Pemilik Rumah Sakit Ini Bikin Kejutan

angkaberita.id – Pemilik Bank BCA, Hartono bersaudara kembali menduduki predikat orang terkaya di tanah air. Laporan Forbes terbaru mengungkapkan, kekayaan bersih Hartono bersaudara menembus 37,3 miliar dolar Amerika, setara Rp 525,85 triliun.

Kenaikan saham Bank BCA mendongkrak kekayaan bersih Hartono bersaudara. Praktis, selama 11 tahun berturut-turut pengusaha Djarum Kudus itu menempati daftar 50 orang terkaya di tanah air.

Keluarga Widjaja, seperti ditulis Katadata mengutip laporan Forbes Indonesia, berada di urutan kedua dengan kekayaan bersih mencapai 9,6 miliar dolar Amerika, setara Rp 135 triliun.

Tahun lalu Eka Tjipta Widjaja, pendiri grup Sinar Mas berada di urutan ketiga, dengan kekayaan sebesar 8,6 miliar. Setelah meninggalnya Eka Tjipta Widjaja pada 2019, Forbes memasukkan keluarga Widjaja menggantikan sang patron keluarga dalam riset penghitungan daftar orang terkaya di tanah air tahun 2019.

Pengusaha Prajogo Pangestu tahun ini bikin kejutan, menempati urutan ketiga terkaya di tanah air, setelah setahun sebelumnya bertengger di urutan sepuluh.

Lonjakan kekayaannya terkatrol kenaikan aset bisnisnya, seiring terdongkraknya harga saham Barito Pasific. Investor menilai positif prospek bisnis perusahaan.

Bisnis utama Prajogo ialah petrokimia dan energi. Tahun ini kekayaannya melejit menjadi 7,6 miliar dolar Amerika, setara Rp 107,11 triliun.

Lonjakan kekayaan juga dialami pengusaha Boenjamin Setiawan. Bertengger di urutan kedelapan, pendiri Kalbe itu, aset kekayaannya naik 36 persen menjadi 4,35 miliar dolar Amerika, setara Rp 61,31 triliun. Bisnis rumah sakit juga menopang lonjakan kekayaan Boenjamin.

Lewat PT Mitra Keluarga Karyasehat, pengelola rumah sakit Mitra Keluarga itu tahun ini mengakuisisi tujuh rumah sakit di tanah air, sehingga keseluruhan kelompok usaha Mitra Keluarga mengoperasikan 28 rumah sakit di tanah air.

Berikut daftar lengkap 10 orang terkaya di tanah air versi Forbes 2019: (1) Budi dan Michael Hartono dengan kekayaan 37,3 miliar dolar Amerika, (2) Keluarga Widjaja memiliki nilai kekayaan 9,6 miliar dolar Amerika. (3) Prajogo Pangestu, kekayaannya tahun ini melejit menjadi 7,6 miliar dolar Amerika

Peringkat selanjutnya, (4) Susilo Wonowidjojo dengan kekayaan 6,6 miliar dolar Amerika. Pengusaha ini bergelut dengan bisnis rokok, persisnya Gudang Garam. (5) Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan US$ 5,6 miliar dolar Amerika.

Pewaris bisnis Kelompok Salim, Anthoni Salim dengan kekayaan sebesar 5,5 miliar dolar Amerika bertengger di peringkat (6). Urutan (7) Tahir dengan kekayaan 4,8 miliar dolar Amerika.

Bos Bank Mayapada cukup familiar di kalangan filantropis, lantaran memilik Tahir Foundation. (8) Boenjamin Setiawan berharta sebanyak 4,35 miliar dolar Amerika.

Perusahaan farmasi Kalbe dan bisnis rumah sakit Mitra Keluarga menjadi sumber kekayaannya. Nama pengusaha asal Medan, Chairul Tanjung bertengger di urutan (9) dengan nilai kekayaannya tahun ini sebesar 3,6 miliar dolar Amerika.

Mantan menteri di era Presiden SBY juga merupakan satu dari segelintir konglomerat media di tanah air. Transcorp merupakan induk usaha medianya.

Mengunci di daftar (10) besar ada nama Jogi Hendra Atmadja dengan kekayaan 3 miliar dolar Amerika. Sedangkan pendatang baru dalam daftar orang terkaya di tanah air 2019 ialah Winarko Sulistyo , pengusaha kertas kemasan PT Fajr Surya Wisesa.

Asetnya terdongkrak berkat penjualan kertas semen ke Siam Cement Thailand. Pendatang baru selanjutnya Daniel Sihombing. Pengusaha konstruksi sekaligus pengoleksi mobil Ferrari. Dia merupakan pendiri perusahaan kontraktor PT Totalindo Eka Persada, pembangun hotel Four Seasons di Jakarta.

Kemudian Keluarga Ciputra. Dikenal sebagai taipan properti di tanah air. Ciputra meninggal pada November 2019 silam. Selanjutnya Keluarga Hamami, seperti Eka Tjipta Widjaja dan Ciputra, sang patron keluarga Achmad Hamami juga baru saja meninggal dunia beberapa hari lalu.

Mantan pilot jet itu mendirikan PT Tiara Marga Trakindo, distributor alat berat merek Caterpillar. Pengusaha tekstil asal Solo, Lukminto kembali kembali masuk ke dalam daftar orang terkaya di tanah air tahun ini, setelah terdepak tahun lalu.

Tahun ini, dalam hitungan Forbes, total aset gabungan 50 orang terkaya di tanah air meningkat berkat kenaikan kekayaan 24 dari 50 orang terkaya dalam daftar itu. Tahun ini total kekayaan 50 orang terkaya itu sebesar 134,6 miliar dolar, naik 5,6 miliar dolar dari tahun lalu.

Daftar 50 orang terkaya di Indonesia dikumpulkan dan disusun berdasarkan data kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis.

Peringkat orang terkaya juga mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat. Perusahaan swasta dinilai berdasarkan perusahaan serupa yang diperdagangkan secara publik. Aset perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar pada 19 November 2019. (*)

Bagikan