Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Biang Kerok 40 Persen PDAM di Tanah Air Megap-megap

1 min read

lebih dari 40 persen keuangan pdam di tanah air megap-megap akibat salah urus/foto antara via bisnis.com

Inilah Biang Kerok 40 Persen PDAM di Tanah Air Megap-megap

angkaberita.id– Kesehatan keuangan 40 persen PDAM di tanah air suram. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lebih 160 dari 391 PDAM di tanah air tidak sehat keuangannya.

Pemerintah menargetkan jumlah itu berkurang, termasuk dengan menggandeng swasta bekerjasama. “Kurang lebih PDAM itu ada 391, yang kurang sehat 40 persennya. Lebih dari 160 PDAM,” ungkap Danis Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, seperti dilansir CNBC Indonesia.

Angka itu, menurutnya, data terbaru dari Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS). Lewat BP SPAMS, pihaknya menargetkan penurunan PDAM tak sehat itu, sebesar 10-20 persen per tahunnya.

Lalu apa penyebab PDAM tak sehat? Selain pelayanan, juga masalah SDM dan keuangan. Karenanya, strategi pemerintah di antaranya memberikan rangsangan berupa fisik dan non fisik seperti kepegawaian, pelatihan keuangan.

Cara selanjutnya ialah bekerja sama dengan swasta. Apalagi indikator sehat tidaknya PDAM telah jelas ialah laporan hasil audit BPKP. (*)

Bagikan