Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sistem Baru Daftar Mahasiswa Tahun Ajaran 2020, Harus Bikin Akun SSO. Begini Caranya

2 min read

kalau ingin mendaftar masuk ke perguruan tinggi negeri tahun 2020, peserta harus membuat akun pendaftaran dulu/foto via tempo.co

Sistem Baru Daftar Mahasiswa Tahun Ajaran 2020, Harus Bikin Akun SSO. Begini Caranya

angkaberita.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di era Nadiem Makarim terus berbenah. Setelah mengkaji soal ujian nasional, Kemendikbud juga membenahi penerimaan mahasiswa baru tahun 2020.

Kemendikbud, seperti ditulis Katadata mengutip laporan antara, menerapkan sistem baru bertajuk Single Sign On (SSO). Nah, sistem baru itu dapat diakses melalui lamanhttps://portal.ltmpt.ac.id, per hari ini, Senin (2/12/2019).

Kemendikbud menjelaskan, sistem SSO berlaku buat penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020 jalur:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

3. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Kemendikbud menjelaskan, sekolah dan peserta bersangkutan harus memiliki akun terdaftar dalam sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT). Tujuannya mengintegrasikan data calon mahasiswa baru dan jalur yang tersedia dalam satu sistem.

Menurut Ravik Karsidi, Ketua LTMPT registrasi akun LTPMPT terdiri dua bagian, yakni sekolah dan siswa. Khusus sekolah menurutnya, alurnya sebagai berikut:

1. Sekolah naungan Kemendikbud login dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan.

2. Sekolah naungan Kementerian Agama (Kemenag) registrasinya dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

Sedangkan untuk siswa, menurut Ravik, dengan login memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, dan tanggal lahir. Ravik mengimbau, sekolah dan siswa berniat mengikuti SNMPTN 2020 segera memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT dengan memperhatikan rentang waktu tersedia.

Portal LMPTN untuk PDSS dan SNMPTN dapat diakses hingga 7 Januari 2020. Jalur UTBK dan SBMPTN dibuka per 7 Februari-5 April 2020. Anda kesulitan, dapat menghubungi ke 0804-1-450-450 atau portal http://halo. ltmpt.ac.id/. (*)

Bagikan