Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kas Daerah Ngendap di Bank: Pusat Nanggung Utang, Pemda Nikmati Bunga Simpanan

1 min read

kemenkeu meminta pemda bergerak cepat membelanjakan duit apbd-nya ketimbang mengendapkannya di rkud/foto AJENG DINAR ULFIANA via katadata.co.id

Kas Daerah Ngendap di Bank: Pusat Nanggung Utang, Pemda Nikmati Bunga Simpanan

angkaberita.id – Entah ada kaitannya atau tidak, bersamaan dengan penegasan Presiden Jokowi memakai robot menggantikan kerja eselon III-IV di struktural PNS, Kementerian Keuangan mengungkapkan kabar mengejutkan.

Per Oktober 2019, uang kas Pemda di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ternyata masih menumpuk sebesar Rp 261 triliun. Kemenkeu meminta Pemda di sekujur negeri segera membelanjakan duit APBD-nya agar perekonomian bergerak.

“Ini uang yang sangat besar dan ini menjadi tantangan bagi kita semua,” ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Kamis (28/11/2019) seperti dilansir situs berita, tempo.co.

Periode sama tahun lalu, uang kas di RKUD hanya Rp 215 triliun saja. Duit mengendap di RKUD sebenarnya sudah memiliki pos alokasinya, tinggal direalisasikan saja. Namun data RKUD menunjukkan, kas daerah tercatat mencapai Rp 91 triliun per Desember 2018.

Selain ekonomi daerah tak bergerak, kata Wakil Menkeu, pemerintah pusat juga harus menanggung beban untuk membayar bunga utang, baik pinjaman maupun obligasi. Sedangkan Pemda, kian lama mengendap justru dapat menikmati bunga kas simpanan di bank itu.

Tangan kanan Menkeu Sri Mulyani, itu menegaskan pihaknya berkomitmen mentransfer dana pusat ke daerah tepat waktu dengan harapan Pemda biar dapat belanja secepat mungkin. “Bukan ditaruh di bank,” sentil Suahasil. (*)

Bagikan