Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pencakar Langit Termahal di Dunia: Duit Bangun Tembus Rp 210 Triliun, Satu Terlihat Dari Batam

2 min read

gedung marina bay sand di singapura termasuk gedung termahal di dunia berdasarkan ongkos pembangunannya/foto via id.marinabaysands.com

Pencakar Langit Termahal di Dunia: Duit Bangun Tembus Rp 210 Triliun, Satu Terlihat Dari Batam

angkaberita.id – Gedung pencakar langit agaknya akan terus menjadi supremasi pencapaian suatu negara. Tak semata produk kolaborasi pemodal dan arsitek serta tukang bangunan, gedung pencakar langit juga merupakan simbol ekspresi kultural.

Karenanya, dalam 30 tahun terakhir, dunia telah menyaksikan ‘perlombaan’ pendirian gedung pencakar langit tertinggi di dunia, mengesampingkan duit buat membangunnya.

Arab Saudi diam-diam namun pasti mulai tancap gas. Selain menjual aset mahkotanya, Saudi Aramco ke bursa saham, negeri kaya minyak itu juga memiliki gedung pencakar langit termahal di dunia, yakni Menara Abraj Al Bait di Mekkah.

Seperti ditulis laman howmuch.net, penguasa Kerajaan Saud bermimpi membangun pencakar langit dengan lengkap dengan jam terbesar di dunia. Tahun 2012, mimpi itu terwujud seiring pembangunan Abraj Al Bait, pencakar langit sekaligus hotel.

Diperlukan duit setidaknya 15 miliar dolar Amerika Serikat buat membangunnya sekaligus menjadikannya pencakar langit termahal di dunia.

Selain Arab Saudi, empat negara berikut ini juga memiliki pencakar langit dengan biaya sundul langit. Berikut daftarnya:

1. Menara Abraj Al Bait

Dengan biaya pembangunan 15 miliar dolar Amerika Serikat, jika kurs Rp 14.000 per dolarnya setara Rp 210 triliun kondisi sekarang. Pencakar langit sekaligus hotel dengan jam raksasa sebagai ikon di menara. Berlokasi di Mekah dan selesai pengerjaannya pada 2012.

2. Marina Bay Sand

Gedung tertinggi di Singapura sekaligus terlihat dengan mata telanjang dari Batam, perlu biaya pembangunan sebesar 5,7 miliar dolar Amerika. Selesai tahun 2010, selain hotel pencakar itu juga berisi pusat ritel di Singapura.

3. The Wynn Resorts

Berlokasi di Las Vegas, Negara Bagian Nevada di Amerika Serikat. Selesai dibangun tahun 2005, perlu duit sebesar 4,1 miliar dolar Amerika buat merealisasikannya. Gedung itu sekaligus menjadi hotel dan kasino termahal di dunia.

4. The Cosmopolitan

Bangunan itu menjadi saingan The Wynn Resort di pusat industri perjudian di Negeri Paman Sam. Dengan dua menara, hotel itu menjulang setinggi 603 kaki atau hampir dua kali panjang lapangan bola, bangunan itu tuntas tahun 2010 dengan biaya pembangunan 3,9 miliar dolar Amerika.

5. The World Trade Center

Berada di New York, menara kebebasan berdiri di atas reruntuhan bekas World Trade Center, merupakan kawasan real estate komersial terbesar di Amerika Serikat. Berapa biaya membangunnya? Sekitar 3,8 miliar dolar Amerika, selesai tahun 2012. (*)

Bagikan