Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Siapa Pengusaha Media Terkaya di Dunia? Namanya Bloomberg, Hartanya Sepertiga APBN

1 min read

michael bloomberg, pemilik media ekonomi bisnis terbesar di dunia bloomberg merupakan pengusaha media terkaya di dunia mengalahkan rupert murdoch bos newscorp/foto via washingtonpost.com

Siapa Pengusaha Media Terkaya di Dunia? Namanya Bloomberg, Hartanya Sepertiga APBN

angkaberita.id – Siapakah pengusaha media terkaya di dunia? Seiring berkembangnya konglomerasi media di sekujur dunia, media sejak beberapa dekade terakhir telah menjelma menjadi industri.

Seperti dilansir Katadata mengutip data CEOworld per November 2019, pguasaha sekaligus industrialis media terkaya di dunia ialah Michael Bloomberg.

Dengan kekayaan sebesar 52,3 miliar dolar Amerika, setara Rp 732 triliun pendiri dan bos Bloomberg, itu jauh meninggalkan Rupert Murdoch bos media News Corp yang membawahkan Fox Channel.

Kabar terakhir, Bloomberg dikabarkan bakal ikut pemilihan presiden di Amerika Serikat. Dengan harta hampir sepertiga APBN 2019 sekitar Rp 2.100 trilin lebih, Bloomberg hanya kalah dari Jeff Bezos, pemilik Harian Washington Post.

Hanya saja usaha utama bos Amazon itu bukan di media, tapi di e-commerce. Jeff Bezos sendiri merupakan orang terkaya di dunia. Pengusaha media kedua terkaya di dunia ialah David Thomson, dengan pundi-pundi harta sebesar 37,6 miliar dolar Amerika.

Urutan ketiga Rupert Murdoch, dengan kekayaan 19,1 miliar dolar Amerika. Pengusaha lainnya ialah Donald Newhouse dan Charlie Engen, masing-masing, dengan harta sebesar 13,8 miliar dolar dan 10,6 miliar dolar Amerika.

Dari 10 nama pengusaha media terkaya di dunia, hanya seorang berasal dari luar Amerika Serikat, yakni David Thomson dari Kanada. (*)

Bagikan