Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pertambangan di Dunia: China Paling Rakus, Indonesia Saingi Arab Saudi

1 min read

indonesia termasuk tujuh besar negara pengeruk hasil pertambangan di dunia. industri batu bara paling besar andilnya/foto via tirto.id

Pertambangan di Dunia: China Paling Rakus, Indonesia Saingi Arab Saudi

angkaberita.id – Dengan sumber daya alam melimpah, termasuk batu bara di dalamnya, menjadikan tanah air termasuk tujuh besar negara di dunia paling rakus mengeduk isi perutnya.

Paling rakus di dunia ditempati negara dengan perekonomian terbesar di dunia, yakni China dan Amerika Serikat, masing-masing di urutan kesatu dan kedua. Berdasarkan benua, terbanyak di Asia, yakni sebanyak lima negara.

Benua Amerika ada tiga negara. Selebihnya merata negara di Benua Eropa dan Benua Pasifik. China tak hanya konsumen terbesar namun juga pengekspor paling banyak hasil pertambangan.

Seperti ditulis Statista, pada tahun 2017 berdasarkan data World Mining Congresses, China mengeduk hasil tambang hampir 4,1 miliar metrik ton. Mulai hasil tambang peruntukan bahan bakar, non logam hingga logam lainnya.

Batu bara menjadi penyumbang terbesar, di sini termasuk jenis hasil tambang peruntukkan bahan bakar, yakni lebih dari 3 miliar ton. Kedua ialah biji besi, sebanyak 330 juta ton.

Selain batu bara, hasil tambang peruntukkan bahan bakar juga dominan di Arab Saudi dan Indonesia, masing-masing persentasenya 97 dan 99 persen dari keseluruhan volumen pertambangan kedua negara.

Sedangkan Australia dan Brazil paling banyak menambang mineral non besi. Begitu juga Amerika Serikat terbilang rakus industri ekstrasinya, terutama batu bara dan minyak bumi. (*)

Bagikan