Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pajak di Dunia: Bukan Surga Pajak, Tiga Negara Ini Bebaskan Pajak Penghasilan Warganya

1 min read

meskipun bukan negara surga pajak (tax havens) tiga negara ini bebaskan warganya dari pungutan pajak penghasilan/foto via kursuspajakmurah.com

Pajak di Dunia: Bukan Surga Pajak, Tiga Negara Ini Bebaskan Pajak Penghasilan Warganya

angkaberita.id – Negara mana paling tinggi pendapatan pajak penghasilannya? Statista menulis, tahun 2019 negara dengan pendapatan pajak penghasilan tertinggi ialah Swedia, sekitar 57,19 persen.

Bahkan, jauh di atas prestasi negara-negara OECD lainnya, rata-rata 41,65 persen. Secara umum, negara di kawasan Nordik termasuk Swedia paling tinggi pajak penghasilannya dibanding negara di luar itu.

Setelah Swedia, negara di Nordik dengan kontribusi pajak penghasilan tertinggi ialah Denmark, Finlandia dan Eslandia, masing-masing, 55,89, 53,75 dan 46,24 persen.

Nah, berdasarkan prinsip tanggung jawab publik, yakni kontribusi warga sejahtera menyubsidi warga belum sejahtera, Austria, Belanda dan Belgia merupakan modelnya.

Namun ada juga sejumlah negara malah tidak mengenakan pajak penghasilan sama sekali ke warga negaranya, semisal Arab Saudi, Qatar dan Kuwait. Duit penghasilan minyak menjadi penambalnya.

Sedangkan negara berikut malah tidak ada pajak sama sekali, bahkan dikenal namanya sebagai surga pajak, yakni sejumlah negara di Karibia seperti Anguilla, Antigua and Barbuda, juga Cayman Island dan Bahama. (*)

Bagikan