Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Guru PNS di Sumatera: Sumatera Utara Terbanyak, Kepri Paling Sedikit

2 min read

guru berstatus pns di sumatera terbanyak di sumatera utara, kepri tercatat berdasarkan data kemendikbud paling sedikit/foto via kaltim.tribunnews.com

Guru PNS di Sumatera: Sumatera Utara Terbanyak, Kepri Paling Sedikit

angkaberita.id – Kendati PNS masih mendominasi jumlah guru di tanah air, namun sebarannya belum merata ke seluruh provinsi. Kalimantan dibandingkan Jawa dan Sumatera, jumlah guru berstatus PNS lebih sedikit.

Seperti ditulis Katadata mengutip data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, jumlah guru berstatus PNS di negeri ini sebanyaknya 1,5 juta orang.

Tercatat ada 10 daerah dengan sebaran guru PNS terbanyak, sebagian besar di Jawa dan Sumatera dengan pengecualian Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Provinsi Jawa Timur, berdasarkan data itu, terbanyak jumlah guru PNS, yakni 190,8 ribu orang, Jawa Tengah menyusul di urutan kedua sebanyak 181 ribu orang, dan Jawa Barat mengekor dua tetangganya di sebelah timur, dengan jumlah sebanyak 180,3 ribu orang.

Sebaran guru paling sedikit di Kalimantan Utara, sebanyak 5,8 ribu. Dua provinsi lainnya mendampingi Kalimantan Utara, termasuk Kepri, yakni Papua Barat sebanyak 8,5 ribu, dan Kepulauan Riau dengan jumlah guru berstatus PNS sebanyak 9,6 ribu.

Dengan kata lain, Kepri dibandingkan dengan 9 provinsi di Sumatera sudah pasti paling sedikit guru PNS-nya. Provinsi Sumatera Utara terbanyak jumlah guru PNS, yakni 97,5 ribu orang. Kepri berada di urutan terakhir, alias ke-10 dari 10 provinsi di Sumatera.

Secara nasional, terdapat 2,9 juta guru di tanah air, termasuk 1,5 juta guru berstatus PNS. Selebihnya guru tidak tetap (GTT) dan tersebar di kabupaten/kota dan 34 provinsi di tanah air. Tak berlebihan jika guru menjadi prioritas penerimaan saat CPNS 2019, termasuk Kepri. (*)

Bagikan