Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Guru Prioritas CPNS 2019, Inilah Demografi Guru Tidak Tetap di Tanah Air

1 min read

guru tidak tetap di negeri ini jumlahnya sepertiga keseluruhan guru mengajar, sebagin besar berstatus honorer sekolah dengan penggajian dari dana bantuan operasional sekolah/foto via medanmerdeka.com

Guru Prioritas CPNS 2019, Inilah Demografi Guru Tidak Tetap di Tanah Air

angkaberita.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy beberapa waktu lalu, mewacanakan pengganjian guru honorer dari Dana Alokasi Umum (DAU) sehingga besarannya setara UMR, dan tidak merecoki dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kendati belum gayung bersambut, pemerintah agaknya mengabulkan dengan cara lain. Yakni, dengan mengalokasi formasi penerimaan terbesar CPNS 2019 buat formasi guru. Lalu berapakah sebenarnya jumlah guru non PNS di negeri ini?

Mengutip riset Katadata berdasarkan data Kemendikbud RI, sepertiga jumlah guru mengajar di tanah air masih berstatus non PNS dan non tetap yayasan, atau setara 984.600 guru (33,9 persen).

Terinci 704,5 ribu guru honorer sekolah dan 141,7 ribu guru tidak tetap (GTT) di kabupaten/kota. Kemudian 13,3 ribu GTT provinsi dan 3,7 ribu guru bantu pusat, serta guru dengan status lainnya sebanyak 121,4 ribu.

Kemudian guru berstatus tetap, masih mengutip data Kemendikbud RI, guru berstatus PNS sebanyak 1,5 juta orang, dan guru tetap yayasan sebanyak 401,2 orang.

(*)

Bagikan