Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Dokter Umum di Sumatera, Bangka Belitung Paling Sedikit, Kepri Saingi Jambi

1 min read

dokter umum di kepri tak sebanyak provinsi di pulau jawa, namun lebih banyak dibanding dengan provinsi sulawesi barat/foto aptelresearch.com via medeka.com

Dokter Umum di Sumatera, Bangka Belitung Paling Sedikit, Kepri Saingi Jambi

angkaberita.id – Berbeda dengan profesi lainnya, dokter disebut terbilang aman di era revolusi 4.0. Disrupsinya tak sebanyak profesi lain, semisal perbankan.

Terbaru, bahkan sejumlah bank papan atas di Eropa ramai-ramai memangkas pekerjanya hingga belasan ribu orang. Lalu berapa dokter di tanah air?

Laporan Katadata mengutip data Kementerian Kesehatan RI, hingga akhir 2018 terdapat 134.459 dokter umum di sekujur negeri. Dengan rasio dokter berbanding penduduk ialah 1:1.900 orang.

Sebagian besar berpraktik di Pulau Jawa, sebanyak 78.837 dokter umum. Provinsi Jawa Barat mencatat terbanyak jumlah dokter umumnya, yakni 20.929 dokter. DKI Jakarta menempel di urutan kedua sebanyak 18.905 dokter.

Sulawesi Barat tercatat sebagai provinsi paling sedikit dokter umumnya, yakni 154 dokter dibanding 33 provinsi lainnya di tanah air. Bagaimana dengan Sumatera dan Kepri?

Masih berdasarkan data sama, Sumatera Utara provinsi paling banyak dokter umum di Sumatera. Sedangkan Kepri, berada di urutan ketiga terbawah dari 10 provinsi di Sumatera.

Jumlah dokter umumnya sebanyak 1,1 ribu dokter, sedikit di atas Provinsi Bengkulu dan Bangka Belitung, masing-masing di urutan ke-9 dan ke-10 di Sumatera.

(*)

Bagikan