Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Negara Tak Kenal Pensiun, Asia Paling Banyak. Indonesia Tertinggi?

1 min read

dengan alasan kesehatan dan kebugaran tubuh, tak sedikit orang di sini meskipun berusia 65 tahun ke atas tetap bekerja/foto via paluipuntik.com

Negara Tak Kenal Pensiun, Asia Paling Banyak. Indonesia Tertinggi?

angkaberita.id – Berdasarkan data Organisasi Kerjasama Pembangunan dan Ekonomi (OECD), Indonesia merupakan negara dengan persentase pekerja usia 65 tahun ke atas terbanyak di dunia, yakni 56 persen.

Hanya Jepang dan Korea Selatan pesaingnya, masing-masing 47,6 persen. Negeri di Asia, seperti ditulis Statista mengutip laporan OECD, masih banyak mempekerjaan orang berusia 65 tahun ke atas.

Selain alasan kesehatan demi menjaga kebugaran tubuh, juga akibat kondisi keuangan. OECD dalam laporannya mengelompokkan usia 65-69 tahun.

Dengan kelompok usia sama, kondisi berbeda terjadi Eropa. Begitu usia pensiun dinaikkan sedikit, langsung terjadi protes meluas pekerjanya. Beda dengan orang Asia, mereka relatif tidak mempersoalkan soal usia pensiun kerja.

Selandia Baru, secara terbatas, juga memiliki kesamaan dengan sejawatnya dari Asia. Di negeri ini tidak dikenal usia pensiun, karenanya hampir 45 persen warganya di usia 65-69 masih banyak bekerja.

Sedangkan tetangga dekatanya, Australia hanya 29 persen. Amerika Serikat 33 persen. Negara-negara di Eropa jauh di bawah itu. Inggris semisal, di kelompok sama hanya 21,7 persen warganya bekerja. Prancis dan Spanyol 6,7 dan 6,4 persen. (*)

Bagikan