Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Nyaris Bendera Putih, BPJS Kesehatan Minta Tolong Penagih Tunggakan. Siapa Mereka?

1 min read

dihantui defisit keuangan terus menerus, bpjs kesehatan melawan bendera putih dengan mengerahkan relawan penagih tunggakan/foto via finansialku.com

Nyaris Bendera Putih, BPJS Kesehatan Minta Tolong Penagih Tunggakan. Siapa Mereka?

angkaberita.id – Sejauh ini telah tercatat sebanyak 3.000 relawan penagih tunggakan iuran kepesertaan BPJS Kesehatan secara nasional, nama lain dari Agen Jaminan Kesehata Nasional (JKN).

Mereka nantinya akan membantu BPJS Kesehatan menagih iuran ke 15 juta peserta menunggak. Skema penagihan nanti dari pintu ke pintu peserta, namun petugas dilarang menerima pembayaran tunai dari peserta.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengaku sepanjang 2018 terdapat 12 juta peserta menunggak. Sehingga memicu defisit keuangan BPJS Kesehatan. Bahkan, hingga kini secara akumulatif terdapat 15 juta tunggakan, sebagian besar peserta mandiri.

“Penagihan langsung ini kami kan ada relawan kader JKN,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan Muhammad Iqbal Anas Ma’ruf kepada CNBC Indonesia, Senin (23/9/2019).

Hingga Juni 2019, jumlah kader JKN sebanyak 3.288 orang. Iqbal menambahkan, ke depan tergantung kebutuhannya. “Skema penagihannya juga tidak langsung dibayarkan kepada relawan tapi bisa ke loket BPJS atau diminta ke rekanan BPJS Kesehatan seperti mini market yang ditunjuk dan ATM,” kata Iqbal.

(*)

Bagikan