Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Survei Dunia: China Paling Percaya Ilmuwan, Argentina Tidak Percaya Profesi Publik

1 min read

tiga negara, yakni china, india dan kanada relatif masih mempercayai profesi seperti ilmuwan, dokter dan guru. sedangkan argentina nyaris penduduknya tak percaya dengan profesi publik. ilmuwan, kendati belum ideal, masih merupakan profesi paling dipercaya publik berdasarkan survei Ipsos Mori di 23 negara di dunia/foto via ifeel.edu.in

Survei Dunia: China Paling Percaya Ilmuwan, Argentina Tidak Percaya Profesi Publik

angkaberita.id – Berdasarkan survei terbaru Ipsos MORI, seperti dikutip Statista, ilmuwan merupakan profesi paling dipercaya publik. Selanjutnya dokter, kemudian guru.

Sedangkan politisi, pejabat pemerintah dan pengusaha periklanan merupakan profesi paling tak bisa dipercaya. Rata-rata, berdasarkan hasil survei di 23 negara, 60 persen responden mengatakan ilmuwan bisa dipercaya.

Kemudian dokter dengan persentase responden mengungkapkan kepercayaan sebanyak 56 persen. Guru di urutan selanjutnya, sebanyak 52 persen.

Kendati demikian, dalam skala 1-100, tingkat kepercayaan 60 persen sejatinya tidak begitu menggembirakan. Karena masih menggambarkan ada skeptisme terhadap profesi itu, bahkan tiga profesi paling bisa dipercaya sekalipun.

ilustrasi profesi publik di dunia. berdasarkan hasil survei ipso mori ilmuwan menjadi profesi paling dipercaya publik, sedangkan politisi profesi paling tidak dipercaya publik/foto via vectorstock.com

Menurut analisis Ipsos, Argentina penduduknya paling tidak percaya dengan profesi-profesi itu. Begitu juga dengan Korea Selatan dan Hungaria.

Sedangkan China, India dan Kanada sebagian besar responden masih menaruh kepercayaan terhadap profesi itu.

(*)

Bagikan