Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Fakta Dunia: Vietnam Miliki Festival Mantan Pacar, Sungai Berair Wangi Parfum

3 min read

atraksi wisata berperahu di Ha Long Bay menjadi sensasi sendiri di vietnam, si raja ekspor produk pertanian dunia/foto via viator.com

Fakta Dunia: Vietnam Miliki Festival Mantan Pacar, Sungai Berair Wangi Parfum

angkaberita.id – Belakangan Presiden Jokowi dikabarkan uring-uringan lantaran tak satupun dari puluhan perusahaan di China relokasi ke Tanah Air seiring memanasnya perang dagang China dengan Amerika Serikat. Sebaliknya, mereka hengkang ke Vietnam. Kenapa Vietnam?

Tak sedikit orang mengenal Vietnam lewat film-film buatan Hollywood seputar Perang Vietnam. Dalam film itu, sering digambarkan pasukan Amerika Serikat bertindak manusiawi dan menang.

Meskipun pada kenyataanya, sejarah mencatat Vietnam justru mempermalukan Amerika Serikat. Bisa disebut, Amerika Serikat cabut dari Vietnam dengan status kalah perang.

Padahal, dunia mengkritik aksi Amerika Serikat membombardir Vietnam, saat itu masih terbagai dua Vietnam Selatan dan Vietnam Utara, termasuk dugaan penggunaan bom napalm.

Sejatinya Vietnam, seperti ditulis worldatlas, bukan sekadar soal Perang Vietnam. Kini negeri tentangga Thailand itu telah menjelma menjadi destinasi wisata global. Selain beragam budaya, Vietnam juga banyak lanskap indah dipandnag mata. Belum lagi sensasi kuliner dan sebaginya.

Namun terkait perekonomian, perlahan namun pasti Vietnam telah menjadi pesaing serius negeri ini. Terlepas dari kenyataan itu, Vietnam juga diberkahi alam dengan sejumlah kelebihan di antaranya:

(1) Vietnam Miliki Gua Terbesar di Dunia

Namanya Gua Sơn Đoòng Cave, berlokasi di Taman Nasional Phong Nha-Kẻ Bàng merupakan gua terbesar di dunia, berdasarkn volume dan luasan jelajahnya. Saking luasnya, di dalamnya terdapat sungai berarus deras.

Dipercaya gua ini telah ada sejak 2-5 juta tahun silam. Air mengalir di atas bebatuan kapur sekaligus membentuk dinding gua. Sejumlah stalagmit tertinggi di dunia juga terdapat dalam gua itu.

(2) Main Wayang di Air

Bermain wayang di atas air merupakan tradisi unik paling terkenal di Vietnam. Bermula di delta Sungai Merah pada abad ke-11, sejak itu tradisi ini terus berlanjut bergenerasi.

Wayang terbuat dari kayu dimainkan dengan galah bambu dari bawah air. Kini tak hanya di sungai, wayang ini juga dimainkan di kolam dan sebagainya, terpenting air menjadi wahananya

(3) Ada Sungai Berbau Harum Seperti Parfum

Saking wanginya hingga diberi nama sungai parfum. Berhulu di pegunungan Dãy Trường Sơn dan mengalir jauh hingga ke laguna Tam Giang lagoon.

Sepanjang alur itu, aliran sungai membelah sejumlah kota seperti Huế di Provinsi Thừa Thiên-Huế. Nah, saat musim gugur, bunga anggrek berjatuhan ke dalam aliran air dan menghasilan semerbak wangi di air, sejak itulan disebut sungai parfum.

(4) Negara Berjuta Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan raja jalanan di Vietnam. Sekitar 87 persen rumah tangga di sana memiliki sedikit satu sepeda motor. Total 45 juta sepeda motor tercatat lalu lalang di Vietnam. Akibat mahalnya harga mobil, sepeda motor akhirnya menjadi sasaran utama moda transportasi keluarga di Vietnam.

(5) Ada Pasar Buat Mantan Pacar

Setiap tahun, persisnya setiap tanggal 26 dan 27 bulan ketiga, penduduk Desa Khau Vai menggelar festival unik bertajuk “Pasar Cinta”. Di sini, di lereng bukit desa muda mudi bertemu dengan para mantan pancarnya mengenang masa lalu.

(6) Sensasi Ha Long Bay

Dengan Perahu Layar Bebatuan kapur di sejumlah pulau kecil membentuk zona zig zag di lautan Teluk Ha Long, membentuk suatu pemandang eksotis. Saking dramatisnya pemandangan di lokasi, UNESCO mengabulkan usulan Vietnam menjadikannya warisan dunia.

Lokasinya di Provinsi Quang Ninh. Terdapat 14 flora endemik kawasan itu, juga 60 ssatwa endemik di situ sehingga menjadikannya Teluk Ha Long kawasan keanekaragaman hayati.

(7) Terkenang Uncle Ho

Hồ Chí Minh bagi Amerika Serikat mungkin musuh nomor satu, namun bagi warga Vietnam dia merupakan pahlawan. Saat Perang Vietnam, Paman Ho demikian dia biasa disapa merupajan Perdana Menteri dan Presiden Vietnam Utara.

Namun dia meninggal sebelum Perang Vietnam berakhir di Hanoi saat berusia 79 tahun. Mengenangnya, warga membalsem jenazahnya dan ditempatkan di mausoleum Ba Đình Square di Hanoi. Namanya juga diabadikan menjadi kota terbesar di Vietnam Selatan, dulunya Saigon menjadi Kota Ho Chi Minh

(8) Juara Ekspor Produk Pertanian

Sebelum bangkit industrinya, Vietnam selepas perang menghidupi perekonomiannya dengan menjual produk pertanian, bahkan beberapa komoditas menjadi rajanya ekspor seperti kacang mete di dunia, eksportir kedua kopi. Juga menyuplai sepertiga kebutuhan lada hitam dunia, termasuk produsen beras kedua terbesar di dunia. (*)

Bagikan