Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kampus Pemimpin Dunia: Prancis Tantang Inggris, Amerika Lenggang Kangkung

2 min read

kampus universitas oxford di inggris merupakan perguruan tinggi rujukan pemimpin dunia menuntut ilmu

Kampus Pemimpin Dunia: Prancis Tantang Inggris, Amerika Lenggang Kangkung

angkaberita.id – Di Amerika Serikat, Universitas Harvard merupakan kampus dengan jumlah alumni terbanyak menjabat presiden, terakhir ialah Presiden Barrack Obama.

Total terdapat tujuh presiden alumni kampus tertua sekaligus paling prestisius di Negeri Paman Sam itu. Alumnis lainnya di antaranya John F Kennedy. Tak sedikit pemimpin negara di luar Amerika Serikat berkuliah di sini, termasuk pemimpin dari Asia Tenggara.

Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong dan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo merupakan sedikit dari sekian nama terkenal itu. Kalau calon pemimpin masa depan juga termasuk di dalamnya, Agus Harimurti Yudhoyono putra sulung Presiden SBY merupakan alumnus kampus Ivy League itu.

Di Inggris, dua kampus menjadi langganan pemimpin suatu negara menuntut ilmu. Paling terkenal tentu saja Universitas Oxford, kampus terkenal dengan kelompok debatnya yang legendaris.

Tak hanya melahirkan pemimpin Inggris, seperti Perdana Menteri Boris Johnson sekarang dan David Cameron di periode sebelumnya, kampus ini juga menjadi menelurkan pemimpin dunia seperti Benazir Bhutto Perdana Menteri Pakistan.

Di dalam negeri, dua kampus telah melahirkan presiden yakni ITB dan UGM. Bersama dengan UI, ketiganya juga tak terhitung menelurkan elite pemerintahan dan bisnis tanah air.

Lalu negara mana saja tujuan pemimpin suatu negara bersekolah atau menuntut ilmu? Jawabannya tak jauh dari Amerika Serikat dan Inggris. Riset Statista mengutip laporan Higher Education Policy Institute di Inggris, negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan Prancis masih menjadi rujukan pertama dan utama.

Per 2019, berdasarkan kajian Higher Education Policy Institute, Amerika Serikat paling banyak memiliki pemimpin negara menempuh pendidikan tinggi.

Total terdapat 62 pemimpin dunia, kepala negara atau kepala pemerintahan menempuh pendidikan tinggi di Negeri Abraham Lincoln itu. Inggris berada di urutan kedua dengan jumlah pemimpin dunia melanjutkan kuliahnya. Total terdapat 59 pemimpin dunia menuntut ilmu di situ.

Selanjutnya Prancis sebanyak 40 pemimpin dunia, bahkan negara pemilik Menara Eiffel itu belakangan menjadi pilihan, setidaknya merujuk data terbaru. Tahun 2019 sebanyak 40, melesat dibanding tahun 2017 sebanyak 34 pemimpin dunia. Negara lain menjadi tujuan sekolah pemimpin dunia ialah Rusia dan Australia. (*)

Bagikan