Sun. Jun 20th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sempat Bikin Ketar-ketir Sang Ibu, Nor Pegulat Berhijab Pertama di Dunia

2 min read

nor diana, pegulat berhijab pertama di dunia. punya gaya tarung akrobatik, ingin menembus belantara wwe/foto Courtesy of Fight Sport Manila via aljazeera.com

Sempat Bikin Ketar-ketir Sang Ibu, Nor Pegulat Berhijab Pertama di Dunia

angkaberita.id – Tren atlet berhijab dalam olahraga terus berlanjut. Terbaru Nor Diana (19), pegulat asal Malaysia. Berjuluk Phoenix, Nor sejak tiga tahun terakhir menggeluti olahraga gulat.

Setelah menjadi juara di Malaysia, Nor melanjutkan kiprahnya di Filipina. Nor juga menjadi satu-satunya pegulat berhijab. “Saya ingin berlaga di WWE,” ucap Nor mengungkap keinginannya.

Dia meyakini, jika tembus ke WWE dirinya akan menjadi sesuatu yang berbeda di industri gulat. “Saya ingin orang melihat saya sebagai pegulat, bukan sekadar seorang muslimah berhijab,” ujarnya.

Nor lantas berkisah perjalanan dirinya menekuni olahraga gulat. Berawal dari menonton olahraga ini saat berusia 14 tahun dengan sang ayah dan saudara laki-laiknya, dia mengaku sejak itu tertarik.

Saat itu, dia hanya bergumam dalam hati suatu saat saya akan menjadi pegulat. Keinginannya terkabul. Dirinya merintis dengan bergabung ke klub gulat di Kampung Baru, kawasan di Kuala Lumpur.

Namun tak semua keluarganya nyaman dengan tekadnya menjadi pegulat. Kendati sang ayah mendukung, namun ibunya belum sepenuhnya memberikan restu.

nor diana alias si phoenix dengan tropi setelah menjuarai kejuaraan gulat di malaysia/foto via aljazeera.com

“Karena saya anak perempuan paling kecil,” kisah Nor sembari menyebut, ibunya tahu gulat sangat berisiko tinggi. “Ibu takut saya terluka,” sebutnya. Kendati demikian, sang ibu tak menghalangi dirinya memilih olahraga keras ini.

Nor menjawabnya dengan kerja keras. Bahkan, pelatih gulatnya terkesima dengan gaya bergulat Nor saat menjalani debutnya di ring gulat dua bulan silam selepas berlatih.

Gaya bargulatnya dianggap sangat akrobatik. Sejak itu, publik mengenalnya sebagai pegulat berhijab. Mulanya dia enggan memakai hijab standar biasa dipakai kaum perempuan, sehingga saat berlaga dia memakai topeng khusus demi dapat bertanding sekaligus tanpa melepas hijab.

Namun belakangan Nor mulai nyaman memakai hijab dibanding topeng khusus. Dia mulai memakainya sejak 2018, mulanya hanya saat latihan dan terus berlanjut hingga sekarang.

Tekadnya menjadi pegulat bukannya tanpa kritikan. Sejumlah pengguna media sosial di Malaysia bahkan mengkritiknya tak seharusnya perempuan muslim menekuni olaharga keras. Tekad Nor telah bulat, dia maju terus pantang mundur.

Kendati demikian, Nor bukanlah atlet pertama di Malaysia berhijab. Sejumlah sejawatnya juga telah melakukannya seperti Aifa Azman, atlet squash bahkan pernah juara di Inggris Terbuka kelas yunior. Juga Siti Rahmah Mohamed Nasir, juara dunia silat. (*)

Berita Selengkapnya Baca aljazeera.com Dengan Judul ‘I want people to see me as a wrestler, not just some hijab girl’

Bagikan