Penjualan Mobil Juli 2019: Toyota -Mitsubishi Geser Merek Lain, Honda Bikin Kejutan!
angkaberita.id – Setelah jeblok di bulan Juni 2019, penjualan mobil di dalam negeri sepanjang Juli 2019 mulai menanjak. Toyota masih menjadi merek mobil paling laris manis diburu pembeli sepanjang bulan itu.
Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) seperti dikutip Katadata, total penjualan mobil dalam negeri per Juli 2019 sebanyak 89 ribu unit, meningkat 50 persen dibanding posisi Juni 2019, kendati dibanding penjualan periode sama tahun lalu, justru turun 17,1 persen.
Mobil merek di tangan PT Astra International masih merajai penjualan, sebanyak 44,36 ribu unit, naik 67,1 persen dibanding Juni 2019 sebanyak 26,54 ribu unit.
Praktis, penjualan Astra menguasai 50 persen pangsa pasar penjualan mobil di dalam negeri sepanjang Juli 2019. Hebatnya, semua merek mobil penjualan Astra hampir semuanya mengalami kenaikan penjualan.
Kenaikan tertinggi merek Daihatsu, yakni sebesar 116,2 persen dari 6 ribu unit menjadi 13 ribu unit. Sedangkan Toyota masih tak tertandingi sebagai merek dengan penjualan terlaris sepanjang bulan itu, yakni sebanyak 29,5 ribu unit.
Artinya naik 57,8 persen dibanding Juni 2019 sebanyak 18,7 ribu unit. Sedangkan mobil merek non Astra, juga mengalami kenaikan penjualan hingga 35,6 persen dari 33 ribu unit menjadi 44,75 ribu unit.
Merek Mitsubishi menjadi mobil terlaris dengan penjualan sebanyak 14,6 ribu unit, naik 22 persen dari Juni 2019 sebesar 11,97 ribu unit. Begitu juga dengan Honda, juga naik bahkan tertinggi dibanding bulan sebelumnya, yakni sebesar 83,7 persen dari 7,56 ribu unit menjadi 13,9 ribu unit.
Ketua Gaikindo, Jongkie mengakui, menanjaknya penjualan bulan Juli kemarin sebagian berkat pameran otomotif GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Juli 2019, kendati menurutnya decara umum, penjualan trennya menurun dibanding tahun lalu, dan terjadi hampir di semua merek. (*)