Wed. Jul 24th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kabar PNS: Gaji Tak Naik Tapi Dapat THR dan Gaji Ke-13 Tahun Depan, Ini Bocorannya!

1 min read

pemerintah memastikan tahun depan tak ada kenaikan gaji pns, namun tetap mendapatkan thr dan gaji ke-13/foto radarmadiun via jawapos.com

Kabar PNS: Gaji Tak Naik Tapi Dapat THR dan Gaji Ke-13 Tahun Depan, Ini Bocorannya!

angkaberita.id – Kendati tak ada kenaikan gaji di tahun 2020, pemerintah memastikan PNS tetap mendapatkan THR dan gaji ke-13. Bahkan, skema dan besarannya tak jauh berbeda dengan tahun 2019.

Kebijakan THR dan gaji ke-13, bahkan diyakini lebih baik dibanding kenaikan sebesar 5 persen gaji pokok. Direktur Jenderal Anggaran Askolani mengatakan, kebijakan itu dimaksudkan agar tetap terjaga daya beli dan konsumsi masyarakat.

“Sudah jauh lebih baik (THR dan Gaji ke-13). Itu jauh lebih baik kebijakan ini, lebih nendang dibandingkan itu (kenaikan gaji),” ujar Askolani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (20/8/2019) seperti dilansir laman CNBC Indonesia.

THR diberikan mengikuti jatuhnya hari Lebaran, sedangkan gaji ke-13 tetap di bulan Juli. “Tetap Juli, kan anak sekolah enggak dipercepat kan, kecuali dia ada percepatan sekolah,” tegasnya.

Terkait anggarannya, Kemenkeu disebut sudah melakukan penghitungan menggunakan data 2019. Meski ada kenaikan anggaran untuk THR dan gaji ke-13, namun tidak signifikan.

“Naiknya enggak jauh. Intinya kalau naik (anggaran) dia sudah basis naik (gaji 5%) 2019, sebab 2019 itu naiknya berlaku sejak Januari. Nah 2020 sudah menggunakan basis itu,” kata Dirjen.

Perbedaannya, lanjut Askolani, di tahun 2019 ada sejumlah kenaikan yang belum setahun seperti tambahan gaji pegawai baru, perbaikan birokrasi dan reformasi K/L. “Nah itu bedanya di 2020 yang sudah mulai ditampung sejak Januari.” (*)

Bagikan