Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

KB di Kepri: Batam Kota Usia Muda, Sagulung Paling Banyak Mama Muda

2 min read

kota batam termasuk kota usia muda alias memiliki persentase penduduk usia muda dalam struktur demografinya, kecamatan sagulung paling banyak memiliki pasangan usia subur/foto via majalahkartini.co.id

KB di Kepri: Batam Kota Usia Muda, Sagulung Paling Banyak Mama Muda

angkaberita.id – Pada tahun 2050-2055, Singapura dipredikasi bakal menjadi negara dengan angka kelahiran terendah di dunia, yakni 1,38 kelahiran per perempuan.

Korea Selatan dan Uni Emirat Arab, seperti ditulis Statista menyusul di urutan kedua dan ketiga. Sebaliknya, sejumlah negara di benua Afrika merajai lima teratas negara tersubur di dunia.

Tak heran, secara global, penduduk dunia terus bertambah. Pada tahun 2018, penduduk dunia telah menembus jumlah 7,5 miliar orang, PBB bahkan memperkirakan pada akhir abad ini, penduduk dunia mencapai 11 miliar jiwa.

Tahun 2050, penduduk dunia berada di kisaran 9,5 miliar jiwa. India akan menjadi negara paling banyak penduduknya, menyusul kemudian China. Tak ketinggalan Indonesia, seiring dengan terjadinya ledakan pertumbuhan penduduk alias bonus demografi.

Secara demografis, penduduk usia muda di negeri ini mendominasi piramida penduduk, termasuk di dalamnya pasangan usia subur. Secara global, penduduk dunia saat ini juga terbilang usia muda berdasar struktur demografi.

Riset Katadata, persentase penduduk usia produktif sebesar 66 persen total penduduk dunia, atau 4,99 miliar dari total penduduk dunia per tahun 2018 sebanyak 7,53 miliar jiwa.

Tak heran, kebijakan keluarga berencana belakangan mulai menguat lagi sebagai jalan tengah mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Khusus pasangan usia subur, sebagian mengistilahkan dengan bahasa gaul “mama muda”, naik daun menjadi perbincangan, kendati kontesknya kelakar.

Istilah ini juga familiar di batam, terutama justru di kalangan keluarga muda. Pertanyaannya, kecamatan manakah di Batam paling banyak mama mudanya, maksudnya pasangan usia subur?

Jika mama muda merupakan personifikasi dari pasangan usia subur, mengutip data BPS Batam, Kecamatan Sagulung merupakan kecamatan paling banyak mama mudanya.

Dari 12 kecamatan di Batam, di Sagulung tercatat terdapat sebanyak 40.917 pasangan usia subur. Menyusul selanjutnya ialah Batam Kota sebanyak 25.654 pasangan usia subur. Sekupang berada di urutan ketiga dengan jumlah sebanyak 22.539.

Di urutan ke-4 dan ke-5, masing-masing, Batu Aji dan Lubuk Baja, yakni 21.948 dan 21.176 pasangan usia subur. Lima kecamatan terbanyak pasangan usia subur di Batam selama ini memang menjadi konsentrasi sebaran jumlah penduduk di Batam.

Batu Aji dan Sagulung, di saat industri Batam masih berkibar, menjadi daerah penyangga (buffer zone) permukiman pekerja kawasan industri di Batamindo dan sekitarnya. Lima kecamatan di atas juga termasuk paling tinggi laju pertumbuhan penduduknya.

Bahkan, rasio penduduk berdasar jenis kelamin, di Batam Kota lebih banyak penduduk perempuannya. Jumlah penduduk Batam berdasarkan struktur usia juga didominasi usia subur, antara 15-45 tahun, dengan jumlah sebanyak 764.842 dari total penduduk Batam sebanyak 1.283.196 jiwa, pada tahun 2017. (*)

Bagikan