Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Jalanan Tanjungpinang Mulai Padat, Inilah Mobil Paling Banyak Melintas

2 min read

mobil keluarga merajai jalanan di tanjungpinang. setiap harinya melintasi jalanan di bumi gurindam. foto ilustrasi kepadatan di ruas jalan/foto via radarbanyumas.co.id

Jalanan Tanjungpinang Mulai Padat, Inilah Mobil Paling Banyak Melintas

angkaberita.id -Perlahan namun pasti jalanan di Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepri mulai macet seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor.

Pada jam sibuk, terutama pukul 06.00-08.00, sejumlah ruas jalan di Bumi Gurindam terbilang padat ruas jalannya. Seperti Jalan DI Panjaitan ke arah RSUP Kepri maupun ke Bintan Center selepas Tugu Adipura, simpang Batu 6.

Kemudian ruas jalan di simpang Lapangan Pamedan. Praktis ruas jalan menuju ke pusat perkantoran dan sekolah di tengah kota Tanjungpinang terbilang padat pada jam berangkat sekolah dan berangkat kerja.

Lalu mobil apa paling banyak melintas di jalanan Tanjungpinang? Kendati belum sebanyak sepeda motor, namun jumlah kendaraan roda empat terutama mobil keluarga terus bertambah setiap tahunnya.

Berdasarkan data BPS tahun 2016-2017, tercatat sebanyak 87.436 unit kendaraan bermotor terdaftar di Tanjungpinang. Dari jumlah itu, mengutip data Samsat Tanjungpinang, sepeda motor merajai jalanan Bumi Gurindam, dengan jumlah unit sebanyak 68.933.

Menyusul kemudian kendaraan bermotor seperti bus, mikrobus dan station wagon sebanyak 11.536 unit. Kemudian truk sebanyak 2.484 unit. Mobil pikap berada di urutan selanjutnya sebanyak 1.585 unit.

Mobil jenis jip dan sedan berada di urutan berikutnya, masing-masing, sebanyak 1.505 dan 1.358 unit. Terakhir, ambulans dan alat berat, masing-masing, sebanyak 29 dan 6 unit.

Khusus sepeda motor, bahkan jumlahnya dalam hitungan setahun meningkat 5.130 unit, dari posisi tahun 2016 sebanyak 63.803 menjadi 68.933 unit.

Begitu juga dengan kendaraan jenis bus, mikrobus dan station wagon. Posisi 2017 meningkat 536 unit dibanding tahun 2016 sebanyak 11.003 unit. Kondisi serupa juga terpantau di Jakarta. Sepeda motor dan mobil penumpang merajai jalanan ibukota negara.

Berdasar data BPS mengutip Statistik Transportasi 2018 tercatat jumnlah kendaraan terdaftar di Jakarta pada 2016 sebanyak 18 ribu unit, itu belum termasuk kendaraan milik TNI-Polri dan korps diplomatik.

Seperti ditulis Katadata, jumlah sepeda motor menembus angka 13,3 juta atau setara 73,92 persen. Selanjutnya mobil penumpang sebanyak 3,5 juta unit atau 19,58 persen. Selebihnya kendaraan khusus sebesar 0,79 persen.

Kendati penjualan sepanjang bulan Juni 2019 lesu, namun berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), empat merek mobil tetap laris manis diburu pembeli sepanjang bulan itu.

Empat merek dimaksud ialah Toyota, Mitsubishi, Honda dan Suzuki. Secara nasional, termasuk penjualan di Tanjungpinang, Toyota masih merajai penjualan mobil domestik pada Juni 2019 sebanyak 18,6 ribu unit.

Mitsubishi berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 11,9 ribu unit. Honda dan Suzuki menyusul dengan penjualan masing-masing 7,5 ribu dan 7,2 ribu unit.

Empat merek itu, juga mudah ditemui di jalanan Tanjungpinang. Apalagi, diler utama mobil-mobil itu juga mendapat tempat di warga Kepri, khususnya Tanjungpinang dan Bintan.

Seperti Honda Bintan Pratama dengan mobil merek Honda. Kemudian Agung Toyota dengan produk seperti Toyota dan Daihatsu, Suzuki Arista dengan andalannya Ertiga. (*)

Bagikan