free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Saingi Jakarta, Biaya Sekolah Jenjang SMP di Kepri Termahal Kedua di Tanah Air

2 min read
biaya pendidikan jenjang smp di kepri termahal kedua di tanah air setelah jakarta, dengan besaran jauh di atas rata-rata nasional/foto via liputan6.com

Saingi Jakarta, Biaya Sekolah Jenjang SMP di Kepri Termahal Kedua di Tanah Air

angkaberita.id – Sekolah di Kepri mahal? Tentu berbeda jawabannya antara satu orangtua murid dengan lainnya, tergantung latar belakang sosial ekonomi dan perspektif mereka terhadap pendidikan.

Namun kalau rujukannya rata-rata biaya sekolah secara nasional, semisal jenjang SMP, biaya pendidikan di Kepri terbilang tinggi. Rata-rata nasional biaya pendidikan SMP berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP) 2018, sebesar Rp 4,23 juta.

Kepri berdasarkan Susenas 2018, biaya pendidikan SMP sebesar Rp 5,71 juta, hanya kalah dari DKI Jakarta sebesar Rp 7,65 juta sekaligus menjadikannya provinsi dengan biaya pendidikan SMP termahal di tanah air sepanjang periode bulan Juli 2017-Juni 2018.

Angka Rp 4,23 juta merupakan rata-rata nasional gabungan biaya SMP negeri dan swasta. Seperti ditulis Katadata, biaya sekolah negeri sebesar Rp 3,73 juta dan swasta Rp 5,46 juta pada tahun ajaran 2017/2018.

Setelah DKI Jakarta dan Kepri, Jawa Barat menempel di urutan ketiga dengan biaya pendidikan SMP Rp 5,4 juta. Nusa Tenggara Timur tercatat dalam Susenas 2018 sebagai provinsi dengan biaya pendidikan SMP terendah secara nasional, yakni sebesar Rp 1,86 juta.

Total biaya pendidikan peserta didik jenjang SMP dimaksud terdiri yang dibayarkan kepada sekolah maupun yang dinikmati peserta didik, seperti uang saku dan transportasi.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan, disebutkan pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama.

Antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Pemerintah juga telah menyalurkan bantuan untuk pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Program Indonesia Pintar (PIP).

Lalu bagaimana hasil pendidikannya, berdasarkan data Kemendikbud merujuk hasil UNBK 2019, Kepri menempati peringkat ke-3 secara nasional rata-rata nilai UNBK sekaligus peringkat pertama di Sumatera, jauh di atas Sumatera Barat, Riau dan Bangka Belitung. (*)

Bagikan