free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

SLTA di Tanjungpinang, Bukit Bestari Paling Banyak SMA-SMK, Pinang Barat Terbanyak SMA Negeri

2 min read
sma negeri paling banyak di tanjungpinang terdapat di kecamatan tanjungpinang barat, yakni tiga sekolah. sedangkan smk negeri terbagi merata di kecamatan tanjungpinang timur dan bukit bestari, masing-masing dua seolah/foto www.sman1-tpi.sch.id

SLTA di Tanjungpinang, Bukit Bestari Paling Banyak SMA-SMK, Pinang Barat Terbanyak SMA Negeri

angkaberita.id – Setiap memasuki tahun ajaran baru selalu terjadi hiruk pikuk soal penerimaan siswa baru, termasuk di Tanjungpinang. Bahkan, di sejumlah daerah di tanah air terjadi antrean mengular sejak pagi demi mendaftarkan diri.

Bersamaan dengan hiruk pikuk tadi, juga mencuat keluhan soal sistem zonasi. Kebijakan yang dimaksudkan mengakomodasi peserta didik dekat lingkungan sekolah, belakangan dikritik berpotensi menurunkan kualitas pendidikan.

Alasannya, zonasi mengedepankan kedekatan dibanding prestasi. Kubu pro zonasi melihatnya perlu diterapkan demi menghilangkan stigma sekolah favorit dan tidak favorit. Demi mengantisipasi fenomena sekolah menolak murid dan sekolah kekurangan murid akibat mengejar gengsi sekolah favorit.

Pendeknya, zonasi semata demi pemerataan jumlah peserta didik, apapun jenjang sekolahnya. Lalu bagaimana potret sekolah di Tanjungpinang? Kita mulai dengan jenjang sekolah menengah lanjutan atas seperti SMA dan SMK.

Tahun ajaran 2017/2018, secara nasional mengutip katadata, jumlah SLTA di tanah air sebanyak 27.205 sekolah, SMA sebanyak 13.495 dan SMK sebanyak 13.710, termasuk sekolah swasta.

Sebaran terbanyak di Jawa Barat sejumlah 4.430 sekolah, terdiri 1.584 SMA dan 2.846 SMK. Paling sedikit di Kalimantan Utara, yakni 87 sekolah, terinci 59 SMA dan 28 SMK.

Jumlah muridnya total 9,69 juta, dengan SMA 4,78 juta orang dan SMK 4,9 juta orang. Kepri bertengger di posisi ke-30 dari 34 provinsi, dengan jumlah sekolahnya sebanyak 219, SMA sebanyak 125 dan SMK sebanyak 94.

Khusus Tanjungpinang, berdasar data BPS, tahun ajaran 2017/2018 terdapat 12 SMA, masing-masing, 6 sekolah negeri dan 6 swasta. Tersebar di empat kecamatan, paling banyak konsentrasinya di Kecamatan Bukit Bestari, yakni 5 SMA.

Menyusul kemudian, Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Tanjungpinang Timur, masing-masing 3 sekolah. Kecamatan Tanjungpinang Kota mengunci di urutan berikutnya, dengan jumlah sekolah sebanyak satu.

Berdasar kategori SMA negeri, Kecamatan Tanjungpinang Barat paling banyak, tiga SMA yakni SMA 1, SMA 3 dan SMA 5. Kemudian Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 2 SMA, yakni SMA 4 dan SMA 2. Kecamatan Tanjungpinang Kota hanya satu, yakni SMA 6.

Kecamatan Tanjungpinang Timur belum ada SMA. Sedangkan SMK, masih berdasar data sama, terdapat 9 SMK terinci 4 SMK negeri dan 5 SMK swasta. Semua berlokasi di dua kecamatan saja, yakni Bukit Bestari dan Tanjungpinang Timur.

SMK negeri, dua kecamatan itu masing-masih terdapat 2 sekolah. SMK swasta, Kecamatan Bukit Bestari terbanyak, yakni 3 SMK. Selebihnya di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Dua kecamatan lainnya, Tanjungpinang Kota dan Tanjungpinang Barat tak ada SMK. (*)

Bagikan