Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Obati Serangan Sariawan Dengan Cara Rumahan, Begini Cara Bikin Ramuannya

2 min read

angkaberita.id – Serangan sariawan saat berpuasa memang menjengkelkan. Selain nyeri, aktivitas selama berpuasa juga bakal tak nyaman. Pemicu serangan sariawan sendiri beragam. Mulai stress, luka di mulut hingga alergi makanan.

Bahkan, bagi kalangan perempuan, siklus haid juga memicu munculnya keluhan sariawan. Belum lagi faktor terlalu banyak mengonsumsi antibiotik atau mengonsumsi minuman asam berlebihan. Namun jangan panic dengan semua keluhan itu.

Mengutip laman merdeka.com, Kamis (16/5/2019) dari Healthypro, selalu ada paredam di setiap keluhan muncul di tubuh Anda, termasuk sariawan. Nah, berikut ini sejumlah cara mudah sederhana, bahkan tanpa perlu bayar jasa dokter mengobari sariawan:

1. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam bisa menjadi cara mudah untuk menyembuhkan luka sariawan ini. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.

2. Konsumsi Yogurt

Yogurt memiliki manfaat untuk mengontrol keseimbangan bakteri yang ada pada mulut dan tubuh. Konsumsi minuman menyehatkan ini bisa mempercepat penyembuhan terhadap luka dari sariawan.

3. Gunakan Ramuan Tradisional

Terdapat beberapa ramuan tradisional yang bisa kamu buat sendiri untuk mengobati sariawan ini. Kamu bisa menggunakan lidah buaya, ekstrak biji anggur, hidrogen peroksida, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat yang dicampur garam.

4. Bawang Putih dan Pepaya

Selain ramuan untuk berkumur, kamu juga bisa membuat ramuan yang dioleskan pada luka sariawan dan membantu mempercepat proses penyembuhannya. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh yang langsung dioleskan pada luka sariawan.

5. Gunakan Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk mengobati sariawan ini dengan cara menghilangkan bakteri di mulut serta mengurangi rasa sakit. Campurkan soda dengan air dan gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan.

6. Minum Vitamin

Memperbanyak konsumsi vitamin bisa membantu menyembuhkan luka sariawan serta mencegah munculnya luka lain. Kamu bisa konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat untuk menyembuhkan sariawan ini. (*)

Bagikan