free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Jangan Terkejut, Inilah Negara Dengan Utang Pemerintah Terbanyak di Dunia

2 min read
tak hanya kaya raya, berdasar data dana moneter internasional (imf) jepang juga negara pengutang terbesar di dunia. Per 2017, utang pemerintah jepang tembus 238 persen terhadap GDP-nya/foto kompas.com

angkaberita.id – Isu utang luar negeri dan besaran defisit transaksi berjalan sempat memanaskan tensi politik di tanah air sebelum hari coblosan pada 17 April 2019 silam. Namun tahukah Anda negara mana paling banyak utangnya di dunia?

Berdasar data, Jepang merupakan negara pengutang terbesar di dunia. Mungkin banyak orang tak percaya, bahkan berfikir Jepang merupakan negara makmur dan maju di dunia sehingga tak mungkin utangnya banyak.

Dengan pendapatan per kapita 39.306 pada 2018, warga Jepang bukan hanya makmur tapi juga kaya. Posisinya sebagai kekuatan ekonomi ketiga dunia juga membuat banyak orang tak yakin Jepang benar-benar punya utang.

Apalagi selama ini, banyak orang justru memahami Jepang merupakan satu dari sedikit negara donor utang bagi negara berkembang. Belum lagi, Jepang juga pusat produk-produk rumah tangga kelas dunia seperti Toyota, Honda, Sonny hingga konsol permainan Nintendo.

Namun nyatanya, berdasar data IMF, utang pemerintah Jepang per 2017 setara 238 persen dari GDP negaranya. Berdasar data ini, Jepang bahkan berutang lebih banyak dibanding Yunani, sering disebut negara nyaris bangkrut di Uni Eropa.

Rasio utang Jepang juga lebih tinggi ketimbang Portugal, satu di antara sedikit negara miskin di Uni Eropa. Jepang masih sedikit lega karena ternyata, masih berdasar data IMF, negara maju lainnya seperti Amerika Serikat dan Italia, keduanya masuk 10 besar kekuatan ekonomi terbesar di dunia, juga tak kecil rasio utangnya terhadap GDP.

Inilah daftar lima besar negara dengan rasio utang terhadap GDP-nya terbesar di dunia. Jepang berada di posisi pertama, dengan rasio 238 persen. Menyusul kemudian, Yunani sebesar 182 persen GDP.

Selanjutnya di tiga besar Italia sebesar 132 persen. Nangkring di tempat ke-4 ialah Portugal sebesar 126 persen dan juru kunci lima besar ada Amerika Serikat di level 105 persen. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan