free page hit counter
Fri. Nov 15th, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Menikmati Malam Kota Parepare Bersama Secangkir Kopi

3 min read
Suasana satu kafe di Tonrangeng Riverside di malam hari, selain bisa menikmati secangkir kopi susu, juga bisa menikmati indahnya Kota Parepare. Lokasi Tonrangeng riverside juga dekat dengan rumah sakit hasri ainun habibie, istri presiden BJ habibie yang asli pare-pare/foto hairil

Hairil *)

Jika Anda jalan-jalan ke Kota Parepare, maka tak afdol rasanya, tanpa mengunjungi jembatan layang atau Tonrangeng River Side, terutama di malam hari.

Jalan layang yang dibangun khusus Pemerintah Kota Parepare itu, menghubungkan akses ke Rumah Sakit Dokter Hasri Ainun Habibie. Di malam hari, lampu-lampu yang didesain khusus memanjakan mata para pengunjung.

Tak heran banyak warga dari daerah tetangga memilih mampir sekadar berfoto atau selfi di jembatan tersebut. Selain berselfi ria dan foto dengan spot yang menarik, pengunjung bisa memanjakan mata dengan penuh warna-warni yang menghiasi di jembatan River Side dan Jembatan Sumpang.

Bagi penikmat kopi, sejumlah warung kopi siap memberikan rasa khas bagi pengunjungnya. Di lokasi Tonrangeng River Side sudah ada cafe yang siap memanjakan lidah penikmat kopi di malam hari. Kafe yang terbuat dari kontainer siap memanjakan melepas dahaga penikmat kopi.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dan warna warni lampu di Parepare di malam hari. “Warung kopi di Tonrangeng Rived Side ini unik, terbuat dari kontainer dan menyajikan beberapa menu minuman dan makanan yang diminati pengunjung, seperti kopi dan teh. Selain itu, kue-kue seperti pisang goreng dan gentang goreng,” kata seorang pengunjung Anju.

Susana alam yang indah, menjadi daya tarik tersendiri para pengunjung. Cafe di sepanjang Tonrangeng River Side itu banyak diminti anak muda, orang dewasa, tua, perempuan dan laki-laki.

Warkop yang didesain khusus membuat pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alam di sepanjang Sungai Karajae dan Jembatan Sumpang. Pengunjung lainnya dari Mamuju Zulpadly, mengaku, khusus datang menikmati kopi di kafe ini.

Ia mengaku, tertarik dengan keindahan alam dan keunikan cafe tersebut. “Saya sangat tertarik dengan cafe di sini. Lokasi yang luas, cocok untuk bermain anak-anak,” katanya. Tiap sore hingga tengah malam, jalur menuju RS Hasri Ainun Habibie mulai hidup.

Beberapa kafe tak sepi pembeli. Warga silih berganti datang. Tonrangeng River Side juga sudah jadi spot favorit untuk olahraga sore atau sekadar datang menikmati keindahan alam.

Pemkot Parepare, memiliki rencana jangka panjang menghidupkan kawasan anjungan Tonrangeng River Side ini menjadi kawasan ekonomi baru. Ruang publik buatan ini kini jadi primadona baru. Pendatang termasuk dari luar Parepare kerap singgah menikmati suasananya.

Tiap pagi dan sore banyak yang memanfaatkan untuk berolahraga. Termasuk wisata di malam hari karena gemerlap lampu. Tonrangeng River Side akan disulap menjadi kawasan kuliner.

Kawasan Tonrangeng River Side ini merupakan jalur menuju RS Hasri Ainun Habibie yang sementara dibangun. Sehingga meskipun kini menjadi salah satu ruang publik yang nyaman.

Kehadiran jembatan layang itu, sesuai konsep medical yang akan dilengkapi dengan tempat-tempat kuliner. Agar masyarakat datang, selain menikmati pemandangan juga bisa menikmati kuliner. Tetapi harus ditata baik. (*).

*) Penggiat budaya dan wisata. Aktif menulis di blog dan media dengan mengangkat tema budaya dan tradisi masyarakat. Selain itu, aktif mengajar di sekolah dengan mengampu mata pelajaran sains dan aktif mengisi pelatihan jurnalistik di kampus. Hairil dapat dikontak melalui situs pribadinya atau ketik saja hairilrauf.blogspot.com

disclaimer: Setiap tulisan di rubrik kolom sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulisnya masing-masing,

Bagikan