Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Menteri Susi Pamer Ikan Teri Asal Natuna, Inilah Khasiat Istimewa Ikan Teri Laut Tapal Batas

2 min read

menteri susi bangga dengan ikan teri khas laut natuna. riset ilmiah, ikan teri ternyata mengandung khasiat istimewa bagi tubuh/foto National Geographic Indonesia via bangka.tribunnews.com

angkaberita.id – Kabupaten Natuna agaknya mendapat tempat tersendiri di hati Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. Tak terhitung, dia menyambangi kabupaten tapal batas utara negeri ini. Terbaru, dia memamerkan lezatnya ikan teri asal Laut Natuna.

Bahkan, Susi juga mengunggah aksinya ke media sosial. Ikan berukuran mini ini, selain harganya bersahabat dengan kantong, juga mengandung gizi tinggi serta, ini terpenting, rendah kadar merkuri.

Dibanding dengan ikan tuna atau salmon, harga ikan teri relatif terjangkau dan ramah kantong rumahan. Kabar baiknya, kandungan nutrisi dan gizinya tak berbeda jauh.

Lalu apa manfaat dan khasiat mengonsumsi ikan teri bagi tubuh? Mengutip dari laman intisari.grid.id, ikan teri termasuk hasil tangkapan nelayan dari Laut Natuna:

1. Kaya asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3, ditemukan dalam jumlah besar di ikan teri, menghilangkan kolesterol tidak sehat. Ini meningkatkan kesehatan jantung dan otak, meningkatkan kesehatan mata , dan meningkatkan perkembangan janin.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ikan teri memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis dan kondisi tulang lainnya.

Kalsium dan vitamin A yang ditemukan dalam ikan teri berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tulang dan sangat bermanfaat dalam memerangi degradasi tulang.

Kalsium juga merupakan bagian integral dalam melindungi gigi agar tidak melemah dan menjaganya tetap kuat.

3. Menurunkan berat badan

Ikan teri adalah jenis ikan air asin yang memiliki jumlah protein yang signifikan dan jumlah kalori rendah, yang membuatnya ideal untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kadar protein pada ikan membantu Anda merasa kenyang, sehingga mencegah makan berlebihan. Selain itu, ikan juga menekan produksi ghrelin (hormon lapar).

4. Meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah depresi

Jumlah vitamin B12 dan niasin yang cukup banyak dalam ikan teri juga membantu menjaga fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin ini juga membantu mencegah depresi , kelelahan, dan kerusakan saraf.

5. Menjaga kesehatan mata

Ikan teri kaya akan vitamin A, yang meningkatkan kesehatan mata. Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Opthalmology dan Eye Science mengungkapkan,

bahwa saus ikan teri, yang sebagian besar dikonsumsi dalam masakan Pan-Asia, memiliki efek perlindungan potensial terhadap perkembangan dan keparahan glukoma. Ini mencegah degenerasi makula, serta katarak.

Harus makan setiap hari?

Tentu saja tidak. Kendati memiliki banyak manfaat, konsumsi ikan teri juga harus sesuai kebutuhan, jika tidak justru akan berbalik merugikan tubuh lantaran ikan teri memiliki kandungan garam yang tinggi, apalagi kebanyakan ikan teri diolah dengan cara diasikan.

Masalah kesehatan umum yang disebabkan karena terlalu banyak asupan garam atau natrium adalah hipertensi. (Hello Sehat/The Daily Meal/Organic Facts)

Bagikan