Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Cara Unik Menagih Utang, Pakai Film Avenger Sebagai Pengumuman

2 min read

pengadilan di tiongkok ini punya cara unik menagih utang ke pengutang bandel, yakni mengumumkannya di bioskop sebelum pemutaran film avenger:endgame/foto Weixin.qq.com via intisari.grid.id

angkaberita.id – Berbagai cara dipakai demi menagih uang kepada pengutang bandel, termasuk memakai bioskop sebagai pengumuman. Seperti yang dilakukan di China belum lama ini.

Berbekal perintah pengadilan, informasi pengutang dan tunggakannya dibeberkan di bioskop sebelum pemutaran film perdana Avenger: Endgame!

Seperti dilansir South China Morning Post, Kamis (25/4/2019), penonton di Xingxin Time Movie World di Lishui, Zhejiang, harus menyaksikan film pendek khusus yang diputar sebelum film Avengers: Endgame.

Film pendek berisi foto dan nama dari para penunggak utang. Bahkan, jumlah utang mereka juga turut ditampilkan. Tak hanya itu, konsekuensi yang dihadapi debitur seperti larangan bepergian, masuk dalam daftar hitam, dan dipamerkan di media.

Gagasan tersebut berasal oleh Pengadilan Distrik Liandu, yang akan ditayangkan di semua bioskop sebelum pemutaran film utama. Data para penunggak utang tersebut diyakini akan ditonton lebih dari 2.000 orang per hari melalui layar bioskop.

“Dengan menunjukkan video, orang bisa mempelajari konsekuensi tidak memenuhi kewajiban hukum,” demikian pernyataan pengadilan. “Bagi mereka yang punya kemauan membayar tapi enggan mengungkap properti mereka, pengadilan akan membekukannya, menahan atau mendenda mereka,” lanjutnya.

Pengadilan juga telah menunjukkan daftar nama dari 5.478 pengutang dan informasi lainnya di layar bioskop selama setahun untuk mendorong mereka agar membayar.

Seorang pria yang masuk dalam daftar itu diketahui tak membayar utang senilai 50.000 yuan atau sekitar Rp 707,6 juta. Dia mendapat informasi wajahnya dipajang di layar bioskop setelah putrinya berencana ke bioskop.

Sang putri mengaku malu apabila teman-temannya akan melihat wajah ayahnya dalam daftar debitur. (Intisari.grid.id/kompas.com/Veronika Yasinta)

Bagikan