Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pulau di Kepri: Kabupaten Lingga Terbanyak, Natuna Juaranya Pulau Terluar

1 min read

Pulau Mangkai di Kabupaten Anambas merupakan satu di antara 5 pulau terluar di Anambas. Foto perairan di Mangkai yang menyejukkan/foto indonesia-tourism.com

angkaberita.id – Bukan Natuna atau Anambas, kabupaten dengan pulau terbanyak di Kepri ternyata Lingga. Menyusul kemudian Batam dan Karimun. Namun soal pulau terluar, Kabupaten Natuna merupakan rajanya.

Selain berlokasi di gerbang utara Kepri, berduet dengan Anambas, keduanya juga merajai koleksi pulau terluar. Lingga menjadi satu-satunya kabupaten yang secara administratif tidak memiliki pulau terluar lantaran letak geografisnya berdada di gugusan kepulauan dalam.

Berdasar data, per 2017 dari 1.796 pulau di Provinsi Kepri, sebanyak 531 pulau di antaranya berlokasi di Lingga. Menyusul kemudian Batam dan Karimun, masing-masing 373 dan 251 pulau. Paling sedikit Tanjungpinang, yakni sebanyak 9 pulau saja.

Namun berbeda dengan Lingga, Batam dan Karimun mengirimkan sejumlah pulaunya menjadi pulau terluar di Kepri. Kota Batam tercatat memiliki 4 pulau terluar dan mengirimkan Pulau Nipah sebagai penjaga tapal batas dengan Semenanjung Malaysia, sepelemparan batu dari negeri jiran Singapura.

Karimun menguasai 2 pulau terluar dengan Pulau Iyu Kecil menjadi pintu gerbang utara dan berhadapan langsung dengan Selat Philip, Singapura.

Kabupaten Natuna paling banyak pulau terluarnya. Dari 154 pulau, sebanyak 7 di antaranya berada di gerbang terdepan berbatasan dengan tetangga, Malaysia.

Pulau Subi Kecil menjadi satu-satunya pulau terluar yang berpenghuni. Begitu juga dengan Kepulauan Anambas, secara administratif memiliki 238 pulau. Sebanyak 5 di antaranya berlokasi di beranda perbatasan utara dan barat.

Pulau Sekatung menjadi jengkal tanah paling dekat dengan Vietnam dan Pulau Mangkai menjadi penjuru barat ke Semenanjung Malaya. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan