Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Benarkah Jakun Hanya di Kaum Pria, Inilah Jawaban Sebenarnya Tidak Semua Orang Tahu

1 min read

ternyata kaum wanita juga memiliki jakun, hanya kondisi tidak semenonjol kaum pria/foto curology via merdeka.com

angkaberita.id – Jakun merupakan penanda fisik pembeda pria dan wanita. Tonjolan di leher ini muncul saat pria masuk usia puber. Tapi, tahukah Anda kenapa kaum wanita tidak nampak jakun?

Sebenarnya anggapan bahwa jakun hanya dimiliki oleh pria, tidaklah benar. Dilansir dari Live Science, jakun ini sesungguhnya juga dimiliki oleh wanita.

Seperti dilansir laman merdeka.com, Kamis (25/4/2019), perbedaan antara pria dan wanita ini adalah bahwa jakun yang dimiliki pria lebih besar dan tampak menonjol ke luar.

Pada pria, jakun terlihat lebih menonjol karena pria memiliki laring yang lebih besar. Ukuran laring yang besar ini menyebabkan pada umumnya pria memiliki suara yang lebih berat, besar dan dalam dibanding dengan suara wanita.

Perbedaan ini sendiri baru terlihat menonjol ketika mulai memasuki usia remaja. Pada saat kecil, tidak ada perbedaan besar laring dan jakun yang menonjol antara pria dan wanita.

Ketika tingkat testosteron pria mulai meningkat, suara pria bakal jadi membesar dan jakun yang dimiliki juga tampak lebih menonjol. Perubahan yang terjadi pada pria ini, tidak dialami oleh wanita ketika mulai masuk masa remaja.

Pada wanita, laring tidak mengalami perubahan dan pembesaran sehingga suara wanita juga cenderung tidak banyak berubah sebelum dan sesudah puber. Keberadaan jakun ini kemudian menjadi hal yang membedakan antara pria dan wanita mulai usia remaja.

Pada pria, jakun ini akan tetap terlihat kecuali jika bobot badan meningkat dan lemak mulai menumpuk di leher dan dagu. (*)

Bagikan