Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Lingga Rajanya Air Terjun di Kepri, Kecamatan Lingga Jawaranya di Kabupaten Lingga

2 min read

siapa tak kenal keindahan air terjun di kepri. nah, pesona air terjun di kabupaten lingga, bisa disebut Lingga rajanya destinasi wisata air terjun di Kepri/foto linggakab.go.id

angkaberita.id– Tak hanya khazanah budaya, Kabupaten Lingga juga mempesona alamnya. Berstatus pusat ibukota Kerajaan Riau Lingga, situs kebudayaan yang menggambarkan jejak kegemilangan masa silam juga masih banyak dijumpai.

Kabupaten Lingga bisa disebut kaya dengan cagar budaya. Belum lagi cagar budaya yang bersifat non fisik seperti kesenian, tata nilai, tradisi dan sebagainya. Berdasar data, per 2017 terdapat sebanyak 106 cagar budaya dan tersebar di 8 kecamatan, paling banyak di Kecamatan Lingga 66 cagar budaya.

Kemudian kesenian khas Lingga, data sama mencatat terdapat hampir 100 jenis kesenian, terbagi dalam 4 kluster seperti bersifat adat istiadat, berupa seni tari, dalam bentuk tradisi lisan dan pengetahuan tradisional.

Khusus pengetahuan tradisional mencakup antara lain busana, kuliner khas, permainan rakyat, olahraga tradisional, bahasa dan sebagainya. Kondisinya masih terpelihara dan hidup dalam keseharian warga di Kabupaten Lingga.

Pun, masih banyak warga bergiat demi melestarikannya, terutama kesenian yang bersifat tradisi, baik tarian musik, drama maupun tradisi lisan seperti dongeng, hikayat, mitos dan sebagainya.

Mereka berserak dan tergabung dalam berbagai sanggar kebudayaan. Jumlahnya tidak sedikit, setidaknya terdapat 68 sanggar budaya dan berhimpun di 8 kecamatan, 19 sanggar di antaranya berlokasi di Kecamatan Lingga.

Sebagian besar bergiat di kesenian tari dan musik, selebihnya teater, sastra, kompang, joged dangkong dan sebagainya. Khusus joged dangkong, sanggar pegiatnya terbanyak di Kecamatan Senayang, yakni 3 sanggar.

Bentang alam Lingga juga tak bisa disepelekan, selain mempesona dan unik, panoramanya juga memancing rasa penasaran dan menantang keingintahuan. Sebut saja bentang alam seperti bukit, gunung atau gua. Semua ada! Lanskap alami seperti pantai, lubuk hingga air terjun juga melimpah.

Bahkan, boleh diklaim, pesona dan atraksi air terjun terbanyak di Kepri boleh jadi terpusat di Kabupaten Lingga. Merujuk data sama, terdapat 96 objek wisata dan tersebar di 9 dari 10 kecamatan, hanya Kecamatan Kepulaun Posek tidak ada.

Pesona air terjun sebanyak 9 destinasi, sebagian besar berlokasi di Kecamatan Lingga sebanyak 5 atraksi. Selebihnya di Kecamatan Singkep Barat 2 destinasi serta Kecamatan Singkep dan Kecamatan Lingga Utara, masing-masing satu destinasi. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan