Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Soal Hotel Bintang Lima di Bintan, Kelurahan Sebong Lagoi Juaranya

1 min read

kawasan lagoi bay menjadi satu atraksi wisata di Bintan, khususnya di kawasan Lagoi. kelurahan sebong lagoi, kecamatan teluk sebong memiliki jumlah hotel berbintang lima paling banyak di Bintan/foto bintantourism.com

angkaberita.id – Seperti Bintan dengan Kepri, pariwisata juga identik dengan Lagoi. Kawasan Lagoi di Bintan merupakan destinasi wisata tujuan wisatawan, tak hanya domestik namun juga mancanegara.

Karena lekat dengan wisatawan mancanegara, tentu fasilitas akomodasinya juga berkaliber internasional. Setidaknya hotel berbintang. Nah, pertanyaannya berapakah hotel di Lagoi? Berapa berstatus bintang lima? Dimana lokasi terbanyak?

Data BPS Bintan mencatat, per 2017 terdapat 27 hotel di Kabupaten Bintan. Mereka tersebar di 4 dari 10 kecamatan di Bintan, paling banyak di Kecamatan Teluk Sebong, yakni 17 hotel.

Semuanya berstatus bintang, 9 di antaranya hotel bintang lima. Kecamatan Gunung Bintan menyusul dengan 8 hotel, 3 di antaranya berstatus bintang 4. Baru kemudian Kecamatan Teluk Bintan dan Toapaya, masing-masing satu hotel berbintang.

Jumlah hotel berbintang di Bintan juga melesat tajam. Selama lima tahun terakhir, tercatat penambahan sebanyak 300 persen, dari 9 hotel berbintang di tahun 2013 menjadi 27 hotel berbintang di tahun 2017.

Khusus Kecamatan Teluk Sebong, lokasi hotel berbintang paling banyak di Kelurahan Sebong Lagoi. Yakni, sebanyak 16 hotel. Selebihnya berada di Kelurahan Sebong Pereh. Jadi bisa dikatakan, Kelurahan Sebong Lagoi juaranya jumlah hotel berbintang lima.

Kondisi ini berbanding lurus dengan pilihan wisatawan mancanegara masuk ke tanah air. Sebagian besar memilih Bintan, selain Batam sebagai gerbang masuk berwisata melalui jalur laut.

Pelabuhan Tanjung Uban membayangi pelabuhan Batam. Keduanya melesatkan Kepri sebagai penantang serius Bali secara nasional. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan