Tue. May 17th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Rumah Sakit Incaran Dokter Spesialis Buka Praktek di Batam

1 min read

rumah sakit umum milik swasta di Batam masih menjadi incaran dokter spesialis dari penjuru tanah air buka praktik. Foto ilustrasi RSOB Batam/foto gowest.id

angkaberita.id – Selain pendidikan, kesehatan menjadi prioritas utama penyelenggaraan pelayanan publiknya, termasuk di Batam. Selain fasilitas layanan kesehatan, pemerintah juga mendatangkan tenaga kesehatan seperti dokter sebagai penunjang operasional layanan.

Berdasar data, per 2017 di Batam setidaknya terdapat 16 rumah sakit, 13 di antaranya diselenggarakan swasta. Selain rumah sakit umum, juga terdapat 4 rumah sakit khusus kelolaan swasta. Namun, itu belum termasuk puskesmas, puskesmas pembantu, puskesmas keliling darat dan laut dan poliklinik desa.

Lokasinya tersebar di 12 kecamatan di Batam. Poliklinik desa paling banyak di Kecamatan Galang, sedangkan puskesmas terbanyak di Kecamatan Nongsa. Lalu bagaimana dengan tenaga dokternya? Per 2017, merujuk data BPS Batam, terdapat 770 tenaga dokter.

Dengan perincian dokter umum sebanyak 397 orang, dokter spesialis 286 orang dan dokter gigi 87 orang. Khusus dokter spesialis sebagian besar tercatat buka praktek di rumah sakit swasta. Dari 286 dokter spesialis, 190 di antaranya tercatat di rumah sakit swasta atau setara 66,43 persen. Tahukah Anda sekarang? (*)

Bagikan