Fri. Mar 29th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Jangan Sembarangan ‘Nembak’, Inilah Waktu Tepat Nyatakan Cinta Agar Tak Ditolak

2 min read

sebaiknya tidak sembarangan mengumbar perasaan hati kepada gebetan. Namun kalau benar-benar ingin ungkapkannya pilihlah waktu seperti ini/foto dragonimages via kompas.com

angkaberita.id – Mengungkapkan perasaan cinta tak bisa dilakukan sembarangan waktunya. Namun ada momen khusus sehingga ungkapan cinta Anda tidak mendapatkan penolakan.

Sebab, efeknya sangat besar untuk suatu hubungan. Sehingga, amat masuk akal jika kita memerlukan waktu yang tepat untuk mengatakannya. Psikolog klinis Dr Joshua Klapow meyakini, mengatakan cinta kepada pasangan dapat mendefinisikan kembali keseriusan hubungan.

Jika ingin mengatakan kalimat cinta, pikirkan dahulu bagaimana perasan kita yang kemungkinan membawa hubungan ke tingkat berikutnya. Pasangan kita kemungkinan akan memberi isyarat tertentu saat kita mengatakannya terlalu dini.

Sementara, terapis terkemuka di Los Angeles, Dr. Gary Brown mengingatkan, jika kita menyatakan “aku mencintaimu” terlalu dini, maka mungkin pasangan akan tersenyum aneh atau perlahan mulai menarik diri.

“Atau tiba-tiba menemukan alasan untuk tidak menghabiskan banyak waktu bersama kita,” tambahnya. Klapow juga memperingatkan, pasangan mungkin juga tak akan mengatakan kembali kepada kita.

Jadi, bersiaplah untuk menerima kemungkinan itu. “Dia mungkin tidak ingin melukai perasaanmu, dan jadi jika mereka tidak mengatakan apa apa, itu karena dia terkejut kaget, atau stres,” ungkapnya.

Bisa jadi, dia menjawabnya dengan ucapan terimakasih atau mengubah topik pembicaraan. Menurut Klapow, semua itu adalah tanda jelas jika kita terlalu dini mengucapkan kata cinta.

Namun, waktu yang tepat untuk mengatakannya, terjadi saat kita merasa terlepas dari apa pun respons pasangan kita. “Kurang respons, ragu-ragu, atau bahkan tidak membalas tidak berarti mereka tidak mencintaimu,” kata Dr. Klapow.

Menurut Klapow, itu menandakan si dia masih merasa berat untuk mengatakan “aku mencintaimu juga” kepada kita. Kita baru saja mengatakan sesuatu yang monumental kepada salah satu orang paling penting dalam hidup kita.

Jadi, hal yang wajar jika dia tak memiliki kesiapan merespons. Komunikasi adalah kunci dalam hubungan. Nah, selama kita dapat tetap terbuka dan jujur, dengan memberi tahu pasangan bagaimana perasaan kita, kita dapat mengatakan cinta di waktu yang berbeda.

Momen itu pun bergulir tanpa mempengaruhi kualitas hubungan. Para ahli sepakat tidak ada standar khusus dalam hubungan untuk mengatakan cinta.

“Tonggak kuncinya adalah ketika kamu benar-benar menyadari telah mencintai orang lain. Itu adalah tonggak terbaik yang ada,” kata Brown. Kita tidak perlu menunggu sampai tahu bahwa pasangan merasakan hal yang sama, karena ini tentang perasaan kita.

“Katakan, kamu merasa tidak akan menemukan orang lain yang kamu anggap cocok, meski kamu tidak yakin dia merasakan hal yang sama,” ucap Brown.

Namun, menurut Brown, jika pasangan sudah memiliki perasaan yang sama dan saling tahu, maka mengatakan “aku mencintaimu” tidak akan mengejutkan.

Waktu yang tepat untuk mengatakan cinta adalah kapan pun saat kita merasakannya di dalam hati, bukan ketika pasangan merasakannya. “Aku mencintaimu” adalah ungkapan yang indah, dan itu menunjukkan komitmen untuk hubungan.

Setiap orang memiliki pengalaman cinta yang berbeda. Jadi, tidak ada waktu yang pas untuk mengatakannya. Namun, bagi yang belum mengatakan cinta secara gamblang, tak perlu khawatir. Sebab, tak kata kata terlalu cepat atau lambat untuk rasa cinta. (kompas.com/elitedaily)

Bagikan