Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sering Alami Migrain? Begini 5 Cara Meredakannya Tanpa Perlu Obat Apotik

2 min read

Ternyata serangan migrain bisa diredakan dengan cara sederhana seperti tidak pakai topi atau hindari cahaya terang/Foto Shutterstock/wavebreakmedia via merdeka.com

angkaberita.id -Serangan migrain tak hanya sakit, tapi juga mendadak. Bahkan pada sejumlah kasus, seseorang bisa merasa mual, muntah, serta jadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Cara yang paling umum dilakukan untuk meredakan rasa pusing dan migrain ini adalah dengan menggunakan obat-obatan. Hanya saja, mengonsumsi obat ini bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti ngantuk, rasa lelah, detak jantung tak beraturan, mual, dan sulit untuk fokus.

Namun ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit ini tanpa harus mengonsumsi obat. Mengutip laman situs merdeka.com, Senin (18/3/2019) lansiran dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk meredakan migrain tanpa menggunakan obat.

1. Minum Kopi

Minum kopi atau produk dengan kandungan kafein lainnya seperti teh dapat menjadi cara menghilangkan migrain. Konsumsi seawal mungkin ketika kamu baru merasa pusing untuk menghilangkan sakitnya.

Namun perhatikan juga kapan kamu mengonsumsi minuman ini. Usahakan jangan meminumnya selepas tengah hari karena dapat menimbulkan sulit tidur yang dapat memicu kembali pusing ini.

2. Gunakan Kompres Dingin atau Panas

Menggunakan kompres dingin di bagian dahi atau kompres hangat di leher dan bagian belakang kepala dapat mengurangi rasa sakit dari migrain.

Lakukan kompres ini selama 15 menit dan beristirahatlah selama 15 menit sebelum melakukannya lagi.

3. Jangan Mengikat Rambut dan Memakai Topi

Tekanan eksternal pada kulit kepala seperti ikatan kuncir yang terlalu ketat serta penggunaan topi dan headband dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melonggarkan rambut mereka cenderung mendapati bahwa sakit kepala mereka menghilang.

4. Jangan Mengunyah

Mengunyah merupakan salah satu penyebab dari munculnya sakit kepala. Mengunyah permen atau makanan yang renyah serta kebiasaan menggigit kuku, bibir, dan benda lainnya dapat memicu munculnya sakit kepala.

5. Hindari Cahaya Terang

Cahaya terang yang bersinar dapat menyebabkan munculnya migrain. Tutupi jendela dengan gorden berwarna gelap serta gunakan kacamata hitam ketika di luar ruangan untuk mengurangi rasa sakit.

Lima cara tersebut dapat kamu coba ketika muncul rasa sakit yang mengganggu akibat migrain dan sakit kepala. (*)

Bagikan