Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Waspadalah, 6 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Ginjal Anda. Contohnya Kurang Tidur

2 min read

Ilustrasi serangan penyakit ginjal/Foto drfarrahmd.com via Intisari.grid.id

angkaberita.id – Kurang tidur jangan dibiasakan, apalagi disepelekan. Salah-salah Anda malah terkena penyakit ginjal. Begini penjelasannya!

Ginjal adalah saringan tubuh manusia yang menyaring darah sebelum mengirimnya kembali ke jantung. Ginjal menyaring bahan limbah dan racun dari tubuh dan membantu mengeluarkannya sebagai urin.

Ginjal juga bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh. Menjaga kesehatan ginjal yang baik sangat penting untuk menjaga proses buang air kecil terus menerus.

Ada kebiasaan tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal kita. Kita mungkin tidak menyadarinya, tetapi beberapa kebiasaan sehari-hari dapat meninggalkan dampak buruk pada ginjal yang dapat menurunkan kesehatan kita dengan berbagai cara.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk menyaring darah dan mengeluarkan produk limbah dari tubuh.

Pada akhirnya ini akan menyebabkan penumpukan bahan limbah dan racun dalam tubuh. Berikut ini kebiasaan yang dapat membahayakan ginjal dan fungsinya dengan cara tertentu, seperti dilansir dari onlymyhealth.

Konsumsi obat penghilang rasa sakit yang berlebihan

Obat penghilang rasa sakit dapat membantu kita dari rasa sakit secara instan, tetapi ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

Penggunaan obat penghilang rasa sakit secara teratur bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah. Obat penghilang rasa sakit menurunkan aliran darah ke ginjal yang mengganggu fungsinya.

Tidak cukup minum air putih

Minum lebih banyak air adalah cara terbaik untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Asupan air yang tepat memastikan kelancaran fungsi ginjal. Kurangnya asupan air juga dapat menyebabkan batu ginjal. Kita harus minum lebih banyak air untuk menjaga kesehatan ginjal.

Konsumsi alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi tubuh yang juga mempengaruhi ginjal kita. Ini menggandakan risiko penyakit ginjal kronis.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol adalah kebiasaan yang merusak ginjal karena meningkatkan stres pada ginjal karena mengandung racun.

Duduk berjam-jam

Duduk berjam-jam terkait dengan perkembangan penyakit ginjal. Kita tidak boleh duduk terus menerus selama berjam-jam untuk menghindari kemungkinan penyakit ginjal.

Jika kita memiliki pekerjaan yang hanya dilakukan sambil duduk, maka buatlah rutin untuk bergerak setelah jeda yang teratur.

Asupan garam dan gula tinggi

Makan terlalu banyak gula atau garam, keduanya berbahaya bagi ginjal kita. Garam dapat meningkatkan tekanan darah yang membahayakan ginjal.

Ini juga akan menyebabkan kelebihan jumlha natrium dalam tubuh yang akan membuat ginjal lebih sulit untuk membuangnya.

Konsumsi gula yang berlebihan juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Ini akan menyebabkan obesitas dan diabetes yang dapat berkontribusi pada gagal ginjal.

Kurang tidur

Tidur yang tepat diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Rutinitas tidur dan bangun dapat mengatur fungsi ginjal kita. Jaringan ginjal akan diperbaharui ketika kita tidur.

Kurang tidur tentu saja bisa mengganggu fungsi ginjal. Maka kita harus memastikan tidur setidaknya 6 – 8 jam untuk menjaga kesehatna ginjal dan kesehatan secara keseluruhan. (Intisari.grid.id)

Bagikan