Wed. Jul 24th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Berencana Kredit ke Bank? Usahakan Saldo Tabungan Jangan Minus. Kenapa?

2 min read

Jika ingin disetujui pengajuan kredit ke bank sebaiknya saldo tabungan Anda jangan minus/Foto shutterstock via merdeka.com

angkaberita.id – Berencana mengajukan pinjaman ke bank? Agar proses pencairan cepat dan bank menyetujuinya taka da ruginya menerapkan trik jitu berikut ini saat mengajukan kreditnya.

Seperti dilansir laman merdeka.com, Jumat (15/3/2019) Anda setidaknya harus memastikan sejumlah langkah-langkah berikut ini:

Minimalkan Penggunaan Kartu Kredit

Kebanyakan orang masih menganggap kartu kredit sebagai penyelamat di kala uang di dompet atau tabungan tengah menipis. Tapi tidak banyak yang tahu jika hal ini bisa jadi penentu cair tidaknya pinjaman dari bank.

Saat mengajukan permintaan kredit, bank akan melakukan proses verifikasi pada riwayat kredit. Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit hingga overlimit agar kesempatan mendapatkan pinjaman semakin besar.

Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Agar pengajuan pinjaman dapat disetujui oleh bank dengan cepat, usahakan untuk melengkapi semua data dan memberi informasi lengkap yang dibutuhkan.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang aktif sehingga mudah dihubungi oleh bank saat akan melakukan verifikasi.

Hindari melakukan pemalsuan data misalnya dengan memberikan dokumen palsu demi memperlancar pengajuan pinjaman bank. Bukan hanya akan ditolak, hal ini juga berpotensi menyeret ke penjara.

Jangan Biarkan Rekening Tabungan Minus

Selain riwayat penggunaan kartu kredit, catatan rekening bank menjadi pertimbangan penting pihak bank untuk menyetujui permintaan pinjaman. Bank akan melihat aktivitas keuangan minimal 3-6 bulan terakhir.

Jaga agar uang di rekening bank tidak sampai minus dengan mengelola gaji dengan baik hingga memperbaiki cara menabung. Selain itu, ada baiknya rutin menyetorkan uang ke bank sekitar 3-6 bulan agar terlihat adanya pemasukan dalam catatan rekening bank.

Bayar Utang Tepat Waktu

Memiliki hutang di bank lain atau sering terlambat membayar tagihan kartu kredit?

Hal-hal remeh ini justru jadi pengganjal cairnya pinjaman yang diajukan, karena riwayat membayar hutang menjadi salah satu faktor penting bagi bank untuk mendapatkan kredit.

Usahakan agar pembayaran tagihan maupun hutang dapat selesai sebelum mengajukan pinjaman lainnya.

Hitung Kemampuan Mencicil Utang

Pihak bank memang sangat ketat dalam menyeleksi nasabah yang mengajukan pinjaman, salah satunya lewat total cicilan utang.

Jangan sampai bank merasa peminjam kesulitan membayar cicilan utang karena total cicilan utang yang melebihi sepertiga gaji bulanan.

Oleh karena itu, lakukan penghitungan sederhana untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran, serta kesanggupan untuk mencicil utang per bulannya. (*)

Bagikan