Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 6 Makanan yang Tak Ada Kedaluwarsanya, Begini Penjelasan Ilmiahnya

2 min read

Ilustrasi/Foto medicalnewstoday via Intisari.grid.id

angkaberita.id – Persoalan kedaluwarsa alias lewat masa layak dikonsumsi selalu menghantui warga, pertimbangannya antara lain masalah kesehatan.

Namun tahukah Anda ternyata ada juga makanan dan minuman yang tak mengenal istilah kedaluwarsa. Bahkan bisa dikonsumsi meski telah disimpan selama belasan tahun, sebelum pada akhirnya tiba waktunya dibuang.

Seperti dilansir dari laman situs Toptenz.net, setidaknya ada 6 makanan dan minuman yang memiliki kriteria itu:

1. Beras Putih

Semua orang tahu bahwa beras merah jauh lebih sehat dan bergizi, tetapi hanya akan bertahan selama 4 hingga 6 bulan sebelum memburuk.

Jadi, jika tujuan Anda adalah untuk menghemat dan menyimpannya lebih lama maka pilihlah beras putih.

Ketika nasi putih disimpan di tempat yang sejuk dan kering dalam wadah kedap udara, diperkirakan akan tetap bagus selama 30 tahun.

2. Minuman Keras

Minuman keras seperti wiski, gin, rum, tequila, dan vodka akan bertahan seumur hidup jika mereka masih disegel.

Ingatlah bahwa minuman beralkohol tidak bertahan lama, karena mengandung susu. Anggur juga cenderung terasa lebih baik seiring usia mereka yang semakin lama.

3. Kopi Instan

Pecandu kafein mungkin adala orang yang beruntung. Hal itu karena kopi instan dapat bertahan 2 hingga 20 tahun pada suhu kamar normal.

Dan jika Anda menyimpannya di lemari es atau freezer, itu bisa benar-benar bertahan seumur hidup Anda.

Jangan pernah takut, karena gula putih bergula bertahan sekitar 2 tahun pada suhu udara, dan konon akan bertahan selamanya jika Anda menyimpannya di tempat yang dingin.

4. Pasta Kering

Jika Anda pergi ke toko dan membeli sekotak pasta, ingatlah bahwa itu dapat bertahan 2 hingga 3 tahun di dapur Anda.

Namun umur simpannya dapat diperpanjang hingga 8 hingga 10 tahun jika tertutup rapat, dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

5. Susu Bubuk Sama seperti setiap item lain dalam daftar ini, umur simpannya dapat diperpanjang jika Anda menyimpannya di empat yang dingin dan kering.

Harap diingat bahwa ini hanya diperhitungkan untuk susu bubuk, bukan susu formula kering, yang hanya dapat bertahan selama satu tahun.

6. Madu Yang terakhir dan tentu saja yang tidak kalah penting dalam daftar makanan yang bertahan seumur hidup: madu.

Panci madu telah ditemukan di pot tanah liat yang berasal dari zaman Mesir kuno, membuktikan bahwa rasanya masih enak bahkan ribuan tahun setelah semula disegel.

Panci madu telah ditemukan di pot tanah liat yang berasal dari zaman Mesir kuno, membuktikan bahwa rasanya masih enak bahkan ribuan tahun setelah semula disegel.

Madu telah dikenal sebagai “makanan super” dengan banyak manfaat kesehatan. Ia tinggi antioksidan, membantu menekan batuk, dan bahkan telah terbukti membantu menyembuhkan luka.

Dan, tentu saja, madu itu lezat, jadi itu akan membantu membuat semua makanan Anda yang lain lebih enak. (Intisari.grid.id)

Bagikan