Thu. Mar 28th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 6 Manfaat Buah Pare, Cegah Kanker hingga Jadi Pelangsing Tubuh. Begini Penjelasan Ilmiahnya

3 min read

Ilustrasi buah pare/via seotama.com

angkaberita.id – Kendati berasa pahit, namun keberadaan buah pare selalu menjadi buruan. Saat diolah menjadi masakan, buah pare juga menggiurkan lidah.

Di balik rasanya yang pahit ternyata buah pare menyimpan banyak manfaat kesehatan, termasuk mencegah penyakit kanker dan diabetes alias kencing manis.

Berikut enam manfaat pare untuk kesehatan tubuh kita, yang dilansir dari Healthline.com:

1. Cegah Penyakit dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika kamu memiliki luka akibat terjatuh atau hal lain, pare bisa membantumu kembali ke kondisi prima dengan cepat.

Pasalnya, buah pare kaya akan kandungan vitamin C, yang penting untuk proses penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C dalam pare juga dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang sistem imun tubuh, seperti alergi dan infeksi.

2. Kulit dan Mata Menjadi Lebih Sehat

Tak cuma kaya akan vitamin C, pare juga kaya akan vitamin A. Seperti yang diketahui, vitamin A dapat menyehatkan kondisi mata kita dan mencegah rabun.

Selain itu, kulit kita juga bisa menjadi lebih cantik dan sehat karena mengonsumsi vitamin A yang didapat dari pare.

3. Mengurangi Gula Darah

Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa pare membawa efek positif bagi penderita gejala diabetes.

Saat 40 orang pengidap diabetes mengonsumsi 2 gram pare setiap hari, gula darah ditemukan mengalami penurunan yang cukup.

Selain itu, pare juga dapat ‘memodifikasi’ cara kerja tubuh mengolah gula yang masuk ke dalam tubuh.

Pasalnya, pare dapat meningkatkan kadar insulin yang diproduksi pankreas, enzim yang bertanggung jawab akan tinggi rendahnya tingkat gula darah yang ada dalam tubuh.

4. Diduga Mampu Melawan Sel Kanker

Mengutip Healthline, buah pare mengandung zat-zat tertentu yang mampu melawan sel kanker.

Contohnya, sebuah tes menyebutkan, ekstrak buah pare dapat membunuh sel kanker yang muncul di perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring (area di belakang hidung).

Pada tes lain, ekstrak buah pare bahkan mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara, dan menghentikan penyebarannya dalam tubuh.

Namun, penelitian ini masih menggunakan kadar tertentu dari ekstrak buah pare, dan hanya mengaplikasikannya pada sel-sel yang ada di laboratorium.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Tingginya level kolesterol dalam tubuh, yang ditandai dengan tubuh yang menjadi gemuk, mampu memaksa jantung untuk bekerja lebih keras, yang kemudian meningkatkan resiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, ekstrak buah pare mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, penelitian ini baru diaplikasikan untuk hewan saja. Masih perlu penelitian-penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat yang sama mampu memberikan manfaat yang sama untuk tubuh manusia.

6. Mengurangi Berat Badan

Jika kamu ingin mengurangi berat badan, maka buah pare bisa menjadi alternatif diet kamu.

Memiliki kandungan kalori yang sangat rendah namun memiliki serat yang tinggi, mampu menjadi alternatif makanan yang bisa kamu konsumsi di kala diet.

Kandungan serat yang tinggi dalam pare, akan memberikan sensasi kenyang di perutmu, yang mana akan mengurangi rasa lapar dan nafsu makanmu.

Walau memiliki segudang manfaat, terlalu banyak mengonsumsi buah pare malah dapat memberikan efek negatif untuk tubuh.

Terkadang, konsumsi pare yang berlebihan dapat mengakibatkan diare, muntah-muntah, dan rasa sakit di perut.

Pare juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena mampu mengurangi gula darah, pare sangat tidak direkomendasikan kepada orang-orang yang bergula darah rendah. (Intisari.grid.id)

Bagikan