Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 5 Bahan Obat Rumahan Sakit Batu Ginjal, Begini Cara Membuatnya

3 min read

Ilustrasi daun seledri/shutterstock via hellosehat.com

angkaberita.id – Bagi Anda yang menyukai pengobatan alternatif di luar medis, terutama penderita sakit batu ginjal berikut ini resep pengobatannya secara tradisional.

Batu ginjal merupakan pengedapan dari zat/mineral yang ada di dalam air kencing akibat tubuh kekurangan cairan. Tentunya masalah ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada umumnya.

Rata-rata penderita batu ginjal ini lebih dominan diderita pria di bandingkan wanita. Penyebab batu ginjal, di antaranya kurang minum, faktor keturunan,

kelebihan berat badan, kebiasaan mengonsumsi obat secara berlebihan, memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, dan sering melakukan kebiasaan menahan buang air kecil.

Itulah beberapa penyebab batu ginjal yang kerap sering di abaikan keberadaannya. Secara umum penyakit ginjal ini memiliki gejala awal yang harus di perhatikan.

Yaitu mengalami perubahan pada warna urine, mengalami sakit di bagian pinggang serta perut dan rasa sakit ketika buang air kecil. Memang, batu ginjal sebaiknya diobati secara medis supaya tidak makin besar.

Namun, ada beberapa obat batu ginjal alami yang bisa bantu menghancurkan endapan mineral tersebut, yang mudah ditemukan di rumah:

Ilustrasi daun seledri/shutterstocks via hellosehat.com

1. Air lemon

Tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air. Lemon mengandung sitrat yang merupakan bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium.

Sitrat juga diketahui dapat membantu memecah batu-batu kecil sehingga mencegah juga terjadinya penyumbatan yang bisa terjadi di ureter.

Dengan demikian air lemon dapat digunakan sebagai obat batu ginjal alami.

2. Air putih

Jenis air minum yang sehat adalah air putih biasa, air suling, purified water, distilled water

Minum air putih adalah obat batu ginjal alami yang bisa bisa andalkan. Bahkan minum air putih juga penting untuk mencegah batu ginjal kembali terbentuk.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kita harus minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Dengan begitu, telah membantu meringankan kerja ginjal.

Sementara beberapa ahli menyatakan bahwa minum air putih sebanyak 12 gelas per hari bisa bantu memperlambat tumpukan mineral di ginjal.

Selain itu, kita juga sebaiknya selalu perhatikan warna urine. Bila berwarna kuning pekat, itu tanda tubuh mengalami dehidrasi dan dapat membuat tumpukan mineral semakin besar.

3. Cuka apel

Sari cuka apel mengandung asam asetik yang diyakini bisa bantu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel juga membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaatnya, tambahkan 2 sendok makan sari cuka apel dalam 250 ml atau satu gelas. Selain diminum, kita juga bisa mencampurnya dalam salad dengan mencampurnya bersama saus salad.

Akan tetapi, kita tidak boleh mengonsumsinya berlebihan dari jumlah tersebut. Bagi yang mengalami diabetes melitus sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter.

4. Jus seledri

Jus seledri dianggap sebagai jus yang dapat membersihkan racun, termasuk membersihkan tumpukan mineral yang mengkristal di ginjal.

Jus seledri ini memang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan sudah tidak asing lagi.

Seledri sendiri mengandung antioksidan dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan produksi urin sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya batu-batu ginjal baru.

5. Jus buah delima

Buah delima selama berabad-abad juga dikenal sebagai buah yang sangat penting dalam pengobatan tradisional, terutama sebagai obat batu ginjal alami.

Buah delima diyakini dapat meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan yang bisa membantu melarutkan batu ginjal dan racun yang ada dalam tubuh.

Buah delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine. Tingkat keasaman yang lebih rendah akan mengurangi risiko tubuh membentuk batu ginjal. (Intisari.grid.id)

Bagikan