Fri. Apr 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sebaiknya Anda Tahu, Beginilah 6 Cara Hindari Dehidrasi Selama Puasa

2 min read

menjaga kondisi tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa, sebaiknya memahami cara mengonsumsi makanan dan minuman. termasuk hindari makanan asin dan selalulah berbuka dengan kurma/foto bobo.grid.id/Cirana Merisa

angkaberita.id – Rasa haus merupakan kondisi biasa saat berpuasa. Terpenting, selama berpuasa Anda harus memahami cara menghindari tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. Namun Anda tak perlu panik, terdapat 6 cara sederhana menjaga kondisi tubuh tetap berair selama berpuasa.

Dikutip dari laman merdeka.com, Selasa (7/5/2019) melansir dari Islamic Finder, berikut sejumlah cara untuk membuat tubuh tidak kekurangan cairan selama berpuasa.

1. Banyak Konsumsi Air

Untuk membuat tubuh tak kekurangan cairan, cara paling sederhana adalah dengan banyak minum air. Hal ini penting dilakukan ketika kamu aktif beraktivitas di luar ruangan yang panas.

Minum dengan jumlah cukup pada saat sahur dan berbuka agar kamu tak lemas kehausan saat berpuasa.

2. Hindari Makan Asin

Kurangi jumlah kandungan garam di makanan bisa membuat kamu tak bakal merasa kehausan saat berpuasa. Makanan dengan kandungan tinggi sodium bisa memicu rasa haus terutama ketika kita tengah berpuasa.

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan air dan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika berpuasa. Kedua makanan ini juga bertahan cukup lama di usus dan menjaga kadar air pada tubuh sehingga kamu tak bakal kehausan.

4. Hindari Minum Air dalam Jumlah

Banyak Secara Langsung Walau disarankan untuk minum air, sebaiknya jangan minum dalam jumlah banyak secara langsung terutama sambil makan.

Hal in bisa membuat kamu merasa cepat kenyang sehingga perut terasa seperti sudah mendapat jumlah air dan makanan yang tepat padahal sebenarnya belum.

5. Hindari Jus dan Minuman Bergula

Konsumsi jus dan minuman manis lainnya memang menyegarkan ketika berpuasa. Namun sebaiknya kamu mengganti kedua jenis minuman tersebut dengan air putih karena kandungan gula yang tinggi pada keduanya bisa membuat kamu gemuk.

6. Konsumsi Kurma

Kurma merupakan buah yang selalu menjadi primadona di saat bulan Ramadan bukan hanya karena mengikuti sunnah Rasulullah, namun juga karena kandungannya yang sangat cocok untuk berpuasa.

Kurma dapat membuat cairan dalam tubuh tercukupi karena buah ini merupakan sumber alami glukosa yang membuat tubuh menyimpan cairan dan memenuhi energi pada tubuh. (*)

Bagikan